seminggu yang melelahkan (rally lampung – jakarta – kendal (semarang) )


bunda baru mulai ngantor lagi niy..setelah cuti seminggu. baru tadi pagi nyampe, and rasanya masih ngantuk ngantuk..ngantukk…

Knapa mingu yang melelahkan? capek bgt soalnya seminggu ini musti pulang ke kendal-jawatengah (kampung halaman bunda)..

Ceritanya gini,…

Hari minggu sore, 030409 dapet sms dari keluarga di kendal kalo mbah kakung (kakek buyutnya syauqi) kritis. Langsung aja eyang mama+eyang bapak ( yang tinggal sama kita di lampung) cari tiket untuk bisa sampe ke kendal sesegera mungkin. Alhamdulilah, dapet tiket pesawat dari jkt – smg  jam 08.00 pagi. Malemnya, jam 21.00 eyang eyang ini dianter sama ayah naek travel dari lampung sampe bandara SOETA.

Jam 22.00, di perjalanan ayah sms buat mengabarkan kalo mbah kakung udah seda (meninggal dunia)dalam perjalanan menuju rumahsakit..innanilahi..sedih juga karena bunda terakhir ketemu mbah kakung pas bunda nikah (desember 2007). Mbah kakung meninggal di usia 85 tahun..selamat jalan mbah..sampai jumpa dikehidupan yang lain.. smoga amal ibadah blio diterima oleh ALLAH swt dan smoga belio mendapat tempat terbaik disisi ALLAH swt.

Malemnya, Bunda sama syauqi dirumah ditemani Pakdhe Bazz (kakaknya bunda), kita ngerencanain buat pulang ke kendal besok pagi – pagi. syukur syukur, ayah bisa cuti jadi bisa pulang kendal sama sama. Biarpun pasti gak mungkin ngejar ke pemakaman mbah, tp paling nggak bisa menghibur mbah putri dan ketemu sodara yang lain sambil ngenalin syauqi (syauqi belum pernah pulang kampung)…Jadi malem itu kita susun rencana, sambil bunda beres beres. termasuk siapin menu sarapan+ makan siang buat syauqi selama di perjalanan.

Senin Pagi, 040409 bunda bangun pagi buat packing baju, cuci piring, cuci baju, jadi rumah berasa bersih pas ditinggal.. Menu makan syauqi, bunda bikinin sup (makaroni+ salmon+kembang kol) buat sarapan + makan siang, asumsi bunda makan sore kita udah ada di bekasi (di rumah ayah) jadi, skalian bunda bawa blender, panci khusus buat masak makanan syauqi, saringan kawat, makaroni kering, beras merah, buah..Bwedeuhh berasa piknik deh…😛

Pagi itu, syauqi emang agak rewel, bunda pikir mungkin karena rumah sepi, jadi dia gak mau ditinggal maenan sendiri. Badannya emang agak anget, tp bunda pikir siy itu biasa kalo bangun tidur emang suka gitu. Jam 06.30 syauqi sarapan dan habis…jadi bunda pikir anak ini sehat sehat aja.. Jam 07.15 bunda mandiin syauqi, nenennin sampe syauqi bobo, bunda ukur suhu badannya 37,6..(biasana emang gak pernah segini, tp masih 37 khan??) lagian syauqinya masih aktif teriak teriak.. daffuuu bofuu duuuu ddaaadaa… Jam 09.00 syauqi bangun sambil nangis (soalnya gak ada yang jagain)..pas bunda diemin, bunda pegang pegang kok badannya panas bgt (38,7 suhunya)..langsung bunda balurin pake minyak telon di perut syauqi+kepala dan bunda ambilin plester kompres demam 4 baby..aduh..knapa ya?perasaan kemaren kemaren sehat sehat aja. tadi pagi juga masih ceriwis banget, masih aktif ngerangkak kesana kesini..

040520091063

syauqi pas demam...

 Sampe siang suhu badannya gak turun turun,sebelumnya syauqi blum pernah demam kayak gini, mana gak ada orang dirumah lagi (bunda panic mode on)..setelah dapet ijin dari kantor dan mintak tolong sama temen buat urusin surat cuti, jam 11.30 bunda ajak syauqi ke DSA. kita pilih yang deket rumah, di RS A*V*NT kata resepsionisnya dokter anak yang praktek hari ini sudah pada pulang (whaduh padahal baru jam berapa ya?), padahal kita udah ngantri..Ya udah akhirnya kita pindah ke RS t4 syauqi biasa imunisasi RS *NU*R** medika, yang jaraknya mayan jauh dari rumah,.. sampe sana jam 12.30. Setau bunda DSA disana praktek mulai jam 13.00 jadi sambil nunggu, bunda sempetin makan siang coz udah laper bgt.. Jam 13.00 ontime banget, habis makan bunda ksana buat daftarin syauqi, gak taunya kata suster DSA nya baru dateng jam 14.00 tapi mungkin juga datengnya telat bunda disuruh hubungun asistennya dokter itu.. arghhhhhhhhh.. susah amat ya? cari dokter di lampung siang siang gini? padahal bunda cari dokternya di RUMAH SAKIT loh!!bukan di klinik! habis itu kita cabut ke apotek enggal, ternyata DSA disitu praktek sore jam 17.oo, karena takut kondisi syauqi tambah capek, akhirnya bunda memutuskan buat pulang ajah, mungkin istrht dulu, nanti sore baru ke DSA di klinik deket rumah.. Kadang kalo anak sakit, emang susah untuk berpikir jernih..Di perjalanan pulang, kita singgah ke RS *RIP soemoharjo, seneng juga pas tau ada DSA praktek jam 14.00 pas kita ke ruang poli rawat jalan ternyata DSA itu lagi gak praktekgaktausampekapantapinamanyamasihdipajang…..grhhhhhhhh tambah kesel aja bunda..lain banget sama di RS tempat syauqi lahir dulu di RSMK bekasi barat.. DSA yang praktek selalu ada dari jam 9 pagi – 9 malem

Dari pada jengkel berlarut larut, akhirnya bunda pulang..mending istirahatin syauqi dirumah aja, rencana pulang ke jawa udah tinggal kenangan ajah..yang penting syauqi sehat..

DI rumah, bunda suapin syauqi, agak susah karena syauqi udah rewel banget, gapapa lah yang penting ada beberapa suap yang masuk. habis itu bunda gantiin baju syauqi, trus bunda nenenin sampe syauqi bobo.. ALhamdulilah, suhu badannya berangsur angsur normal, jam 16.00 panas nya udah 37. SOrenya bunda tetep ajak syauqi ke DSA buat konsultasi aja berikut tips dan obat yang dianjurkan kalo anak demam. 

Alhamdulilah malamnya suhu badan syauqi udah bener bener normal.. Ayah yang seharian memantau perkembangan syauqi by phone langsung nyaranin kalo syauqi udah baikan dan kondisinya udah stabil, mending bunda &syauqi ke bkasi ajah, toh bunda masih cuti sampe jumat kan??😛

Selasa Pagi, 050409 setelah beresin rumah dan siapin semua bekal buat syauqi, jam 08.00 bunda& syauqi, dianter pakdhe bazz berangkat ke bekasi.. Alhamd syauqi udah bener bener sehat, seneng banget kayaknya dia di jalan.. ceriaa kayak biasanya lah…050520091066 

Pokoknya bunda bikin mobil senyaman mungkin buat syauqi. Makasih buat pakDhe bazz yang mau anter kita, bunda sama syauqi duduk di belakang. Bunda bawa bantal besar, selimut syauqi, maenannya syauqi jg gak boleh ketinggalan (pak bola besar, pak bolabiru, pak ular, pak pesawat, pak keretaapi, sama buku seri anak soleh “makanan leon”) biar gak bosen xixiixixii

Di kursi depan, sebelah kursi pakdhe, bunda isi camilan camilan (kripik pisang&kripik singkong), termos isi air panas buat bikin kopi instant nya pakdhe kalo ngantuk,air putih, dll..

Perjalanan Lampung – jkt ini cuman makan waktu 6 jam (kalo cepet dan gak mampir” loh ya?).kalo mampir dan bawa santai kurleb 8 jam lah..Jam 11.00 kita sampe  di bakauheni (agak lama soalnya kita makan dl di jalan), Bayar tiket penyebrangan 198rb dan alhamdulilah, dapet kapal yang baguuuuuuuuuuus bgt, ada hometheathre na, kursina sofa gitu dan bayarnya cuma 10 rb oia, kapalnya KM RAJABASA I, recomended lah..Kata tante tiwi (temen bunda) ada yang lebih bagus lagi (ada kursi pijet refleksinya)  nama kapalnya VICTORIUS agak mahal sih 30 rb, tp worthed lah..

050520091068

feels like home..

 Di kapal syauqi bisa klesat klesot sambil bunda suapin..

pakdhe bisa tiduran ngilangin ngantuk..bunda??? bisa liyat tipi sambil selonjoran ahhh nikmatnya hiduuuuuuuuup…gyahahahha

050520091069

sofa nya empuuk jadi bisa nyantai..

Lumayan juga kalo semua kapal RORO di penyebrangan merak – bakau kayak gini loh..

Murah, bersih, nyaman.. Kadang ada juga kapal yang ruang penumpangnya cuman kursi yang deret deret kayak kursi di bis kota itu.. ada juga yang cuman karpet lesehan gitu, jadi penumpang nya cuman bisa tiduran malang megung kayak ikan pindhang *hahahahah*

Jam 15.00 kita sampe di bkasi..alhamd..nurunin baju – bawaan, mandi mandi istrirahat sambil siapin makanan buat syauqi. .

Ayah, bunda, Pakdhe bazz sepakat buat meneruskan perjalanan ke kendal jam 01.00 dini hari..Jadi bisa istirahat dan tidur – tidur dulu..alhamdulilah, ayah dapet cuti 1 hari..jadi bisa ikut..hoyeeeeey hoyeeeeeeeeeey

Rabu pagi, 060409, kita istirahat di cirebon..Pakdhe ngantuk, skalian shalat subuh trus sarapan. Syauqi pagi ini makan biskuit bayi..hmmm..sedih juga, tp gpp lah..toh siang nanti udah sampe kendal, bisa maem homemade lagi.

060520091076di tempat istirahat ini ( rm pringsewu cirebon – gpp yah disebutin aja)..syauqi heboh banget, seneng kali dia bisa nemu tempat yang rada luas kayak di rumah buat ngerangkak & ngesat ngesot..hehhehe.. oia, syauqi ini sejak 7 bulan seneng banget manjat manjat sesuatu, trus berdiri sendiri..😛😛

sempet kuatir karena takut kalo kakinya belum kuat, tapi setelah konsultasi sama DSA nya jadi tenang, karena menurut DSA syauqi, intinya kalo bayi kita berkembang lebih cepat dari yang seharusnya, berarti gak papa, tapi kalo dia lebih lambat justru perlu kita waspadai.. dan yang penting kita gak pakasain anak / bayi kita.. 

alhamdulialh..sebelum dhuhur, kita udah sampe di kendal..pengen tau kegiatan syauqi di kendal??

090520091090

ini rumah leluhur..kunooo banget ya?

090520091088

suasana nya ndeso bgt..

hihihi banyak banget, mulai dari maen keyboard sama eyang bapak (kata eyang bapak, keyboardnya nanti mau dibawa ke lampung..horeeeee bunda bisa belajar keyboard lageee), maen ke rumah nenek moyang ( kakeknya embah – whaduh jauh yaaa), dipijit sama tukang pijit bayi (liyat dehhh sampe keenakan gitu), kenalan sama tetangga tetangga di kampung..(hehehehhe temennya syauqi banyak niy – most of them are cewe cewe) :P😛, sempet juga kita maen ke semarang nengokin sodara yang barusan ngelahirin anaknya, namanya jauza labibah..dedek jauza ini cantik&lucu, syauqi seneeng banget pas ketemu.

080520091087

ini dedek jauza..

 

090520091089

tunggu umur 1 th ya nak..keyboardnya ntar dibawa eyang ke lampung

Alhamdulilah.. 

di kendal pun, biarpun panaaaaaaaaaaaaaaaas bgt, syauqi tetep gak rewel, paling kalo keringetan malem malem dia bangun..syauqi ini anak ac ekslusive hahahah, tapi di kendal slama gak ada ac, dia cuek aja,..tetep aja maen ksana ksini..hohohoho..

Banyak sodara ato temen yang nanya’, apa gak repot bawa bayi bepergian jauh??? Syauqi masih 7 bulan dan udah diajak pergi ribuan kilo?? kan kasiaaaaaaan yeyyyyy..

Ah.. kalo buat bunda siy, yang penting ayah&bunda manteb, perbekalan cukup, insyaallah syauqi bakal nyaman di jalan. Alhamd.. syauqi bukan anak yang rewelan kok. Mungkin karena selama hamil, syauqi sering bunda “ajak” kmana mana, jadi pas udah lahir pun dia teteup tahan banting!!! hehehehe.. Mulai umur 2 bulan, setelah masa cuti melahirkan habis, syauqi udah diajak balik ke lampung (bunda ngelahirin di bkasi) naek travel!!! hahahaha kebayang kan? coz waktu itu blum ada mobil, jadi kita (bunda, ayah, eyang mama+bapak) sewa travel buat boyongan ke lampung.. Kita berangkat dari bkasi jam 22.00 sampai di lampung jam 4 pagi. syauqi sama sekali gak rewel.

080520091081

dipijit asoy...

Pernah juga bunda ajak syauqi ke jakarta dalam rangka dinas pas umurnya 4 bulan. Kita berangkat naek bis DAMRI (yang AC loh ya?)..hahahhahahaha..😛, kita sengaja berangkat malem biar di jalan adem dan syauqi bisa nyenyak bobo nya.. Perjalanan serasa gak merepotkan, karena kalo syauqi haus kan ada bunda,..jadi kalo mau nenen tinggal lebb ajah!!!,😛

Syauqi emang anak jalanan..😛 , keknya dia seneng aja diajak jalan gitu, enggak pernah rewel dan bosen, padahal naek kendaraan umum. Setelah syauqi mengenal makanan semi padat – padat, emang baru kemaren dia jalan jauuh, agak bingung dan repot juga ngatur jadwal makan dan gimana mengatasi kebosenan selama di jalan. Nah, buat parents yang pen ngajak baby na jalan, here are some tips from bunda nya syauqi (bisa di sesuaikan dengan kondisi baby na ya?)

  1. Ciptakan suasana yang nyaman buat si anak selama di perjalanan. Gak masalah kalo perginya nggak pake mobil sendiri (naek kereta, bis, kapal fery, travel – naek pesawat is excluded ya? soale naek pesawat kan cuma sebentar thok !!). Kalo anak udah bisa duduk/ minimal tengkurep, gak ada salahnya bawa bantal gede, selimut,guling dan sewa kursi sendiri buat dia. pas syauqi umur 4 bulan dan mulai tengkurep, pas bosen di bis, bunda tengkurepin dia di kursi (dengan dialasin bantal) sambil dipegangin rattle (tapi bundanya jangan meleng loh ya?? tetep awasin anaknya, pegangin punggungnya) .. mayan seneng kok dia 
  2. Bawa maenan (buku bacaan juga boleh) yang digemari selama perjalanan.. itu sebabnya knapa pak ular, pak pesawat, pak kereta api , pak bola besar (nama maenan syauqi pake “pak” semua)😛 . gak cukup itu aja, kadang botol aqua kosong, kunci rumah, hp bundanya, sampe charger hp dikeluarin buat ngusir rasa bosen.. kebetulan bunda tipikal orangtua yang gak melarang anaknya buat megang apapun (selama itu bersih & tidak berbahaya) .. 
  3. Siapin makanan homemade dari rumah buat di perjalanan.. ini yang penting..alokasikan waktu perjalanan. BUnda kemaren sempet salah alokasi waktu (karena gak memperhitungkan macet di pantura).. Next time, bunda prefer roti gandum aja deh, daripada biskuit bayi (hancurin pake aer anget+ ASIP fresh from the oven juga bisa :P).. Ceritanya, sebelum berangkat bunda siapin 2 porsi buat makan syauqi (makan pagi&makan siang) asumsi nya sore kita bisa bikin makanan dirumah.. Bekal makan siangnya ditaruh di cooler box, nanti dijalan ditaruh di wadah stainles direndam pake aer panas.. hahahha beres deh..
  4. Bawa peralatan buat bikin makanan homemade buat si kecil.. Let say perjalanan darat memakan waktu 24 jam. Gak mungkin kan selama itu kitra ada di jalan terus? karena ada si kecil, lebih baik kalo kita sempetin istirahat di hotel (ato transit di rumah sodara).. Nah, ini perlunya bawa peralatan buat masak makanan homemade buat baby. Bunda kemaren bawa blender, saringan kawat, parutan, mangok&sendok makan (2 set), rantang stainless kecil, panci stainless, termos isi aer panas. BUnda jg siapin beras merah & makaroni kering di 2 toples tupperware kecil. semua diringkas&disusun dalam 1 tas khusus peralatan makan.
  5. Jangan lupa siapin satu tas kecil buat isi 2 – 3 diapers, 2 stel baju ganti, bedak, tisu basah, minyak telon,dll.. ini mah standar lah (kayak kalo pergi – pergi ke mol atau tempat laen).
  6. Bawa juga obat obatan seperlunya (antisipasi kalo demam, kembung). kemaren bunda bawa termometer, sanmol (bwt turun panas), sama bawang merah!! hahaha kenapa bawang merah.. coz syauqi ini cucok bgt sama bawang merah…kalo perutnya kembung, bunda tinggal parutin bawang merah, olesin di perutnya sambil diurut pelan..asli mujarab banget kok!!! angetnya tahan lama!! (biarpun bunda harus tahan napas cium bau bawang merah yang aduhaiiiiiii itu loh nak…)😛😛

total kemaren bunda bawa 1 koper besar (isinya baju bunda & baju syauqi), tas ukuran sedang buat bawa peralatan makan, tas kecil buat baju” syauqi ganti di jalan, sama kotak isi termos-cemilannyabunda-airputih-bekalmakansiangsyauqi udah deh..

alhamdulilah..perjalanan lancar banget, syauqi gak rewel dan masih sehat sehat ajah.. sampe lampung, senin pagi kemaren.. selesai makan pagi&mandi, eyang mama balurin badan syauqi pake beras kencur+minyak telon buat ilangin pegel pegel& kalo ada kembung, tinggal keluarin aja bawang merah parut balurin di perut.kadang resep trdisonal emang manjuuuuur banget.

3 Komentar

Filed under syauqi ku, travelling

3 responses to “seminggu yang melelahkan (rally lampung – jakarta – kendal (semarang) )

  1. setuju tuh pake bawang merah… raja juga kalo perutnya kembung ku kasih bawang merah yang dibakar dulu, trus diparut, trus dicampur sama minyak kelapa…. ini resep tradisional dari omanya, he he… dan memang manjur kok!!!

  2. putilaksmi

    hehehe, manjur, alami dan tanpa zat kimia buatan..
    the best 4 our baby ya?hihi

  3. Ping-balik: about lampung : ke lempasing, puri gading, pengrajin keripik.. « Putilaksmi’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s