MPASI ALA BUNDA SYAUQI….part 1


Dalam membuat MPASI buat syauqi, Alat bantu bunda gak macem macem kok..

6m+ bunda cuman pake panci stainless buat bikin bubur susu, 7m+ setelah kenal bubur saring, bunda tetep setia bikin bubur di panci stainless itu dan memblender makanannya, 9m+ setelah makan nasi TIM kasar pun panci ini masih berguna dan alat bantu lain yang bunda pakai seperti parutan keju, parutan kelapa (buat marut wortel misalnya), talenan, pisau, adukan kayu

Untuk Manajemen menu MPASI bunda liyat di wholesomebabyfood.com .

Tahapan pemberian MPASI nya Syauqi mulai 6m+ sampai sekarang (almost 1 yo) :

1. 6m+ mulai dengan bubur susu yang saaaaaaaaangaaaaaaaat cair. Bubur susu nya syauqi (pake tepung gasol, pake tepung beras, pake tepung beras merah)

2. Kenalkan rasa makanan / buah / sayur satu persatu, biar dia kenal rasa. Sebaiknya sayur lebih dulu dikenalkan daripada buah.. tp syauqi dulu gak dikenalin ke sayur dulu (alasannya : karena bunda have no idea kira kira sayuran apa yang bisa dikenalin ke syauqi).

3. Jadwal Pemberian MPASI (IDAI recommendation) umur 6m+

06.00 (Bangun tidur) ASI

08.00 Breakfast : Bubur susu

10.00 Buah

12.00 ASI

14.00 ASI

16.00 Buah

18.00 Bubur susu

21.00 ASI

4. Jenis buah yang pertama kali dikenalkan Jeruk baby (rasanya manissss bgt – untuk memperbaiki jaringan tubuh, perbaikan tulang dan gigi), pisang sunpride, pepaya, tomat (pilih yang manis, kebanyakan asem soalnya). Setelah itu baru dikenalkan pada Melon, Alpukat, pear. A big no no for mangga, karena seratnya terlalu banyak. 

5. Setelah 7 bulan pemberian makanan tambahan yang semula encer menjadi semakin padat dan jadwal pemberian makanan yang tadinya hanya 2x sehari menjadi 3x sehari. Pemberian buah juga mulai bisa dikombinasiin seperti tomat+pepaya, pepaya+jeruk, Melon+jeruk, pisang+jeruk, pepaya+pisang, alpukat+jeruk.

6. Bunda menerapkan konsep 3 hari untuk mengenalkan menu baru buat syauqi. Jadi misal, syauqi dikenalkan ke ayam, maka selama 3 hari syauqi akan makan ayam terus (buat lauk)…

7. No garam dan Gula sampai 12mo

8. Setelah mengenalkan makanan baru, jangan segan untuk memeriksa poop bayi kita. Lihat teksturnya baik baik. Periksa badanyya, apakah ada alergi / tidak.

9. Telur (ayam kampung) mulai bunda berikan ke syauqi pada usia hampir 8m. Bunda cuman kasih kuningnya aja, karena putih telur (dari info yg bunda baca) memacu alergi.

10. Keju juga mulai cicuri curi untuk diberikan pada usia hampir 8m. Keju ini tidak diberikan setiap hari. Biasanya cuman diberikan seminggu 1x.

11. Kendala pada syauqi ; Tidak cocok dengan pisang pada saat berumur 6m+ karena tekstur poop keras. Tidak cocok dengan kaldu ayam kampung (sebelum mengenalkan dagingnya, bunda kasih kaldu dulu) sempet sembelit selama 2 hari tidak poop. Alergi total sama ATI AYAM RAS (sampe pa*tat nya merah)..

 12. Prinsip bunda, setiap anak punya pembawaan yang berbeda beda..

Sharing buat ibu ibu yang laen…

Saya sering ngobrol sama temen temen yang “terlanjur” memberikan makanan instan buat bayinya. Saya yakin, ini mungkin karena ketidak tahuan aja. Dari pada menghakimi, saya lebih senang mengajak untuk berbuat yang sekiranya dapat menimbulkan dampak yang lebih baik. Saya sendiri sempet melakukan kesalahan dengan memberikan biskuit instant buat syauqi. Tapi, belajar dari kesalahan saya, saya yakin kedepan pasti saya bisa lebih baik dan lebih hati hati lagi dalam memberikan makanan (dan segalasesuatunya) buat syauqi..

Tinggalkan komentar

Filed under MPASI, syauqi ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s