RESEP MPASI SYAUQI…part 2


030820091363

BUBUR KABOCHA (6m+)

menu ini biasanya buat sarapan syauqi…

Bahan : Kabocha = Labu jepang

Cara bikin : Gampang bangeedd, tinggal di kukus doang. Trus dilembutin, tambahin ASI / SUFOR

Untuk yang masih 6m+ kabocha nya dikit aja, banyakin susu nya

140820091378

MASHED POTATO BERWARNA..

hehehe, kenapa berwarna? biasanya kalo mashed potato orang dewasa kan cuman kentang thok gitu . Mashed potato buat syauqi ?

Bahan : Kentang 1 buah, wortel (parut), buncis (iris tipis), daging (cincang), 1/2 siung bawang putih (parut), sedikit keju.

Cara bikin : panas kan air, masuk kan daging cincang, bawang putih, keju & kentang, aduk rata (kentangnya bikin kuah jadi kental). Pas airnya udah surut masukkan wortel dan buncis, aduk sampai air surut (sat).

150820091390

SUP KRIM JAGUNG UDANG

pernah makan sup krim jagung?? enak ya? dimakan anget anget😀

syauqi juga sukaaaa bgt, kemaren bunda bikinin..

Bahan : jagung manis 1 buah (parut), keju (agak bunda banyakin, syauqi udah mau 1 th), bawang bombay cincang (dikit), 1/2 siung bawang putih, udang cincang (boleh diganti daging sapi / ayam kampung),wortel (potong dadu kecil), brokoli cincang.

Cara bikin : rebus air,masukkan bawang bombay, bawang pth, udang, jagung, keju. masak sampai mendidih, masukkan wortel dan brokoli, aduk dan masak sampai matang.. sajikan..

Foto0100

PAN CAKE SAUS SPAGHETTI

Pan cake ini bisa di sausin apa aja…

ntar kalo syauqi udah 1yo bisa di sausin fla (bikin fla pake susu UHT), bisa dikasih selai (jeruk, stroberi, tomat), bisa di maem gitu aja (buat cemilan), dll deh…

Tapi? emang bisa bikin pan cake buat bayi? bisaaa banget.. gini caranya.

PAN CAKE

Bahan : 1 btr telur ayam kampung (kuningnya aja), 2 sdm tepung terigu, 100 ml air (sebenernya kira kira sih, tp jangan terlalu dikit airnya, ntar keras) = = => campur , unsalted butter (untuk goreng)

Cara bikin : panaskan wajan (apinya kecil aja) teflon diameter 10 cm (kalo gak ada , pokoknya teflon :D) yang telah dioleso unsalted butter (dikit ). masukkan  adonan yang udah dicampur. kalo sisi satu udah matang, dibalik aja..

Nah.. jadi kan?? sekarang tinggal bikin saus nya..

SAUS SPAGHETTI BAYI

Bahan : 1 bh tomat (rendam dalam air panas, buang kulit dan bijinya, haluskan -diparut juga boleh..- ), 1/2 siung bawang putih cincang, bawang bombay cincang dikit, unsalted butter, daging cincang, seledri cincang, keju (parut).

cara bikin : panaskan penggorengan, lelehkan sedikit unsalted butter, tumis bawang bombay+bwg putih sampe haruum. Masukkan daging cincang, tomat yang sudah dihaluskan, air. Masak sampai daging empuk. terakhir, tambahkan keju dan seledri cincang, aduk rata…

Nah, tinggal tata pancake dalam piring saji, siram dengan saus nya..

oia, saus spaghetti ini juga bisa dicampur sama makaroni… gak kalah enaknya kok…

 NASI TIM & ONE DISH MEAL

Bunda diajarin eyang mama buat bikin nasi tim di panci aja (maksudnya gak pake slow cooker😀 ). Emang ada plus minusnya sih, kalo pake slow cooker mungkin lebih praktis aja buat ibu bekerja. Tapi bikin NASI TIM dengan cara yg biasa (pake panci / dandang😀 ) juga praktis kok hemat juga😀 . Karena bisa bikin one dish meal sekalian buat syauqi…

Untuk makan siang+malam syauqi, biasanya bunda cuci bersih beras kurleb 2 sendok makan beras. Taruh dalam wadah stainless (kayak rantang gituu.) ukuran kecil (diameter kurleb 15 cm) trus kasih air (ini juga pake sistim kira kira, yg penting nasinya jadi lembek). Mulai umur 9 bulan, tiap bikin nasi tim, bunda tambahin daun salam, jadi kalo udah mateng dan tutup panci dibuka, baunya haruuuuum bgt. Wadah stainless yang udah diisi beras,air dan daun salam dimasukkan ke dalam dandang / panci yg udah diisi air. Masak 1/2 jam (karena kita pake panci stainless jadinya panas nya lebih cepet, so 1/2 jam beras nya udah jadi bubur nasi). sambil nunggu nasinya matang, kitasiapin lauknya (daging sapi, ayam kampung, ikan, telur) dan sayuran. Setelah 1/2 jam, masukkan lauk tutup panci lagi, tunggu 15 menit, masukkan sayuran, tunggu 10 menit… ONE DISH MEAL SIAP….

oia, karena NASI TIM ini dimakan 2 x, jadi untuk makan siang bisa langsung disantap dan sisanya disimpan di kulkas, trus kalo mau makan tinggal taruh di magic com sebentar..anget lagi deh…

beberapa menu nasi tim syauqi…

 

020820091349

TIM SARING TERI NASI + BAYAM

catatan : Bayam, brokoli,wortel baru boleh diberikan setelah 7 bulan keatas karena  kandungan nitratnya yg cukup tinggi

Bahan : Teri nasi, daun salam, bayam merah. kadang bunda tambahin keju dikiiit.

140820091387

NASI TIM DAGING MERIAH

Kenapa meriah? karena dikasi wortel..😀

Bahan : Daging sapi, bawang bombai cincang (9m+), 1/2 siung bwg putih, wortel, boleh juga ditambahin brokoli… 

NASI TIM IKAN GABUS+ JAGUNG & BAYAM

😀 maap yak gak ada gambarnya..

Bahan : Ikan gabus (karena durinya dikit, bisa juga diganti ikan lain), jagung manis (parut), daun salam, Bayam.

oia, untuk bayam biasanya kita bikin terpisah dari nasi tim, karena bayam kan gak boleh dipanasin yaa?

NASI TIM SALMON KEJU LABU SIAM

hey, jangan nyengir dulu sama labu siam.. coz bunda pernah baca, Labu siam ini asam folatnya tinggi (bagus banget buat ibu hamil, makanya bunda kasih juga ke syauqi –ehh ini bukan berarti syauqi hamil loh yaa??😀😀 )

Bahan : salmon, keju, labu siam.. biasanya bunda kasih tempe / tahu juga buat variasi..

NASI TIM TELUR, TOFU, OYONG

Bahan : kuning telur, TOFU, oyong, daun salam, kejuu..

Haah.. segitu aja dulu resepnya, kalo ada yg mau nyoba sumonggo dicobaa…

13 Komentar

Filed under MPASI, syauqi ku, Uncategorized

13 responses to “RESEP MPASI SYAUQI…part 2

  1. pertama mau kasih jempol buat bundanya syauqi🙂

    wah resep2 na komplitt plus poto2nya euy🙂

    hampir semuanya anya dah pernah cobain smua wlo hasil jadinya dalam bentuk yang berbeda…

    tp ada yang blm…yaitu ikan teri..abisnya klo ngubek2 pasar blm nemu teri tawar yang pas buat anya…tulang2nya klo diblender wlo terlihat lembut hasilnya tp ujung2nya blm berani dikasih, tkut ketulangan….

    iyahhhh labu siam jg masuk, kerana bagus
    oyong jg…
    ikan gabus jg..palagi disni ikan2 sejenis itu banyak banget nemunya

    bunda, saya punya motto buat diri sndiri nieh klo masak2 buat keluarga…bundanya semangat, keluarga sehat!!!

  2. Allisa Yustica Krones

    bun..

    Raja malah kalo dikasih kabocha trus banyakin ASInya, malah marah2 tuh….hi hi..maunya yang kental, gak mau yang cair biar bisa dikunyah2nya

    • putilaksmi

      raja marah marah? heheheheh lucu juga dengernya… syauqi juga bisa dan sering mengungkapkan emosinya dengan marah” kalo dia gak berkenan sama sesuatu.. just wondering siapa yg ngajarin ya???😀😀😀

  3. Lea

    Wah hebat bunda ini,ikut lomba mama kokiku handal aja di internet.
    Btw knp gak ada ukurannya?
    Brp gram gitu?
    Tks
    Lea

  4. putilaksmi

    @ Lea..
    salam kenal yaa?.. ikut lomba? hohoho belum pede nih mom, masaknya aja masih pake sistim kira kira (untuk 1 x makan). Makanya gak ada ukuran gram -nya…
    tks udah mampir..😀

  5. Mbak Puti, aku numpang nyontek yaa.. Kemarin nyobain pancake saus spaghetti-nya, Nadira suka lhoo.. Makasih banyaak🙂

  6. niken

    sangat menginspirasi…saya mau buatin makaroni saus spageti ahh
    makasih resep sausnya y nda….

    salam
    Ibunya mahija

  7. Dewi

    mba, sy mau tnya anak sy b’umur 9 bulan 2 minggu, makannya susah banget, dan sy jd bingung resep makanan ap yg cocok sm anak sy tersebut, tolong dong mba komentarnya.

    • putilaksmi

      ikut prihatin ya mbak.. coz anaknya susah makan..
      bingung juga kasih reep makanan apa yang cocok sama anaknya🙂, punya anak juga baru ini dan alhamdulilah suka makan..
      Tapi berdasarkan pengal;aman saya yg baru beranak 1 ini, Mungkin anaknya bosen sama menu makanan yang kurang bervariasi mbak.. Kalo saya, kalo syauqi gak doyan makan, biasanya cari alternatif makanan sumber karbohidrat lain pengganti nasi. Umur 9 bulan variasi makanannya emang belum banyak, tapi boleh juga dicoba kok – disesuain aja masaknya sampe lunak,😉 dan yang penting no gargul dan 3 days rule ya mbak?
      Spagheti, makaroni – bikin aja makaroni schotel / schotel nasi – ada resepnya di blog ini , sup ayam pake bihun, tepung nagasari hunkwe+pisang, perkedel kentang + daging, roti goreng telur, galantine daging. Atau kalo nggak, bikin lauk yang ditumis – karena tumisan lebih berasa berbumbu – ..
      smoga jawabannya bisa cukup membantu ya mbak?
      thanks 4 dropping by..😉

  8. Ping-balik: Kumpulan Resep MPASI-nya Nadira « The Sun is Getting High, We're Moving on

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s