Penyakit Kuning (jaundice) Pada Bayi


Cuman berbagi kisah emak emak kurang edukasi  :D …..

Alkisah di sebuah rumahsakit, seorang wanita baru saja melahirkan anak pertamanya, sebut saja namanya ibu itu.😀 Di hari ketiga setelah visit dokter di pagi hari, sang Dokter memperbolehkan bu itu untuk pulang…

Dr : Ok bu, sepertinya gak ada masalah, jadi siang ini ibu boleh pulang. Tapi kalo bayinya, harus nunggu report bilirubin nya dulu ya?nanti siang akan disampaikan suster..

itu : ok dok, kalo golongan darahnya bisa sekalian gak ya?

Dr : bisa… Selamat beres beres ya bu…

Beberapa jam kemudian, seorang perawat datang membawa hasil (test) bilirubin bayi…

suster : ibu, tadi sama DSOG nya sudah boleh pulang ya? hasil bilirubin bayinya 5,7 jadi bayi nya juga boleh pulang..

itu : ok sus…

Ibu nya itu : bilirubin apa?

itu : pokoknya yang buat tau bayinya kuning atau nggak.. wah yang penting boleh pulang..

ibu nya itu : ohh.. emang normalnya brapa?

itu : gak tau lah,yg penting boleh pulang…

ibu nya itu : yg mbak di sebelah kita kemaren anaknya 6,7 boleh pulang juga.

Kebetulan bu itu mengambil ruang perawatan dimana 1 kamar untuk 2 orang…

Sementara itu di ruang sebelah..

suster : ibu, siang ini boleh pulang ya?  bilirubin bayi nya 10..

mendengar dari kejauhan, bu itu dan ibunya bu itu berbisik

ibunya itu : tuh kamar sebelah bilirubinnya 10, lebih tinggi (sepertinya ibunya itu terdoktrin nilai 10 adalah nilai sempurna, cucunya nilainya cuman 5,7 )

itu : he eh ya. tinggi

Kemudian di ruang sebelah…

suster : bilirubin bayinya 10, kalo ibu mau pulang gapapa sih, tapi sebaiknya bayinya disinar dulu ya?…

bla bla bla bla…

di kamar bu itu…

itu : kok disinar bayinya kamar sebelah???

ibu nya itu : ayo deh tanya suster aja…

                       : sus, mau tanya, emang bilirubin itu normalnya berapa ?

suster : iya ibu, bilirubin itu untuk mengetahui bayi kuning atau tidak. Normalnya s.d. 10 . Jadi kalo lebih dari itu, bayinya harus disinar…

itu dan ibu nya : ooooooooooo , makasih suster buat penjelasannya…

😀😀😀😀

Ada yang ‘ngeh’ nggak kalo kisah diatas itu kisah nyata?? hehehhehe perkenalkan yaa… saya lah si ibu itu tsb…😀😀

Untung aja waktu itu syauqi ber bilirubin normal, karena waktu hamil saya memang belum mempelajari tentang bilirubin dan penyakit kuning pada bayi baru lahir…

Jadi sebenarnya bilirubin itu apa?

Bilirubin adalah komponen / zat yang berasal dari pemecahan haemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri adalah molekul protein dalam darah yang bertugas membawa oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru paru.

Lantas Penyebab bayi menjadi kuning?

menurut penjelasan DSA nya syauqi waktu itu. Karena waktu masih di dalam kandungan, paru paru janin belum berfungsi, sehingga untuk mengangkut oksigen&nutrisi dr ibu ke seluruh tubuh janin ya pake pecahan hemoglobin ini (bilirubin). Nah setelah bayinya lahir dan paru baru berfungsi, bilirubinnya menjadi tidak berfungsi lagi. Sisa bilirubin yang ada bisa “dibawa” oleh tubuh bayi ke empedu, tapi yang tidak “terbawa” akan timbul ke sekujur tubuh bayi..makanya jadi kuning…

Ada juga temen yang bilang kalo kuning pada bayi disebabkan karena golongan darah nya (ibu) berbeda dengan gol darah janin. Tapi ini gak terjadi sama saya (gol darah saya o dan syauqi B )..

untuk lebih lengkapnya bisa baca di sini nih..

Lantas Apa yang mesti dilakukan kalo bayi kita kuning?

yang sering saya denger sih dijemur, tips jemur bayinya, monggo silakeun baca di sini (minta ijin ngelink ya mama raja😀 )

hmm semoga bisa membantu ya? biar gak jadi mak mak kurang edukasi, kek saya…😀

2 Komentar

Filed under info

2 responses to “Penyakit Kuning (jaundice) Pada Bayi

  1. ini kali pertama saya berkunjung ke blog Anda, saya Agus Suhanto, salam kenal ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s