Bakso tempe for baby…


Mumpung selama 3 hari kemaren bunda dinas ke kantor cabang (deket dengan rumah) dan bisa berangkat agak siangan, jadi kesempatan buat bikinin sarapan syauqi jelas gak disia – sia in dooong yaa…

udah kepikiran di kepala buat bikinin bakso pake mishoa (bener gak nulisnya😀 ) buat syauqi. Kayaknya kok segeeer bgt ya? puter puter otak pake apa ya? supaya bakso nya gak keras (maklummmm syauqi blm tumbuh gigi…😀

kepikiran aja buat bikin bakso tempe + udang. kenapa bukan tahu?? karena tempe biarpun lembut tp teksturnya agak kasar jadi bisa merangsang tumbuhnya gigi anak saia..😀

Kenapa pake mishoa ? namanya juga bakso.. kayaknya enak kali ya? kalo dimakan pake sejenis mi gitu (sebagai pengganti karbohidrat)..  Tapi ternyata setelah bunda survey, mishoa itu komposisi nya terdiri dari gandum dan GARAM.. whaaa batal batal batal… pantesan mishoa itu lebih lembuuut dan gurih dari pada yang sejenis (so on (gini ya nulisnya??😀 ) dan bihun (dr tepung beras) ). Akhirnya bunda ganti pake bihun dehh😀😀

sup tomat bakso tempe saji

looks soo yummy rite?

BAKSO TEMPE ala BUNDA SYAUQI

Bahan :

BAKSO :

40 gr tempe, cincang kasar

2 ekor udang, cincang kasar (boleh juga diganti 20 gr daging sapi/ ayam)

1 btr telur ayam kampung, kuningnya sajah

1 siung bawang putih cincang

 

KUAH :

bawang bombay (dikit ajah) cincang

segenggam bihun, potong 2 cm an, seduh di air panas, tiriskan

1 butir tomat, rendam di air panas, buang kulit&bijinya, parut.

sedikit seledri dan daun bawang, cincang

unsalted butter (untuk menumis) dan keju

CARA Membuat :

1. Bakso : campurkan tempe, udang telur dan bawang putih. bentuk bulatan, masukkan dalam air yang sudah mendidih.

2. lelehkan unsalted butter, tumis bawang bombay, daun bawang, seledri dan tomat.

3. masukkan bumbu yang ditumis dalam kuah bakso.

4. masukkan bihun yang sudah diseduh dan ditiriskan tadi

5. masak sampe mateng😀😀

siap dihidangkan…

Rasanya? adoooh maaf lagi puasa gak bisa ngincipin… tapi syauqi habisin 3 baksonya untuk sarapan 😀 :D  … 4 bakso sisanya dimakan untuk makan siang & sore.. tinggal bikin sayur bayeem ajah.. praktis kan?

8 Komentar

Filed under MPASI

8 responses to “Bakso tempe for baby…

  1. Ping-balik: cah brokoli feat. meatball « when live is like come by to have a drink…

  2. bunda, baksonya gk pake tepung sagu spt bakso pada umunya? gk “ambyar” ya adonannya?

    • putilaksmi

      Nggak ambyar kok bund, mungkin karena tekstur tempe yang mudah dibentuk (setelah dilumatkan), selain itu, kuning telurnya juga membantu ‘mengikat’ adonan tempe+udangnya..

  3. hai..hai….
    kreatif banget ya,tempe dijadiin bakso…
    slama ini aku tahunya tempe dijadiin steak atau burger aja
    ntar aku coba n reply sini lg deh klo dah kuposting jg…..

    • putilaksmi

      monggo dicoba..
      waktu itu cuman cari variasi menu buat anak saya yg masih dibawah setaun..

      Ok deh, ditunggu hasil ujicobanya…

  4. tempenya itu di rebus dulu apa tidak?

  5. santi indraswari

    saya mau mencoba buat krn mau u lomba d sekolah anak saya. mudah2an bisa menang ya bun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s