Galantin (steak jawa :D ) for baby …


galnti

source :metrotvnews.com

Ada yang pernah makan galantin? enaaak bgt ya rasanya?😀 Galantin dibuat dari daging giling yang dicampur dengan roti tawar, telor dan bumbu lain, trus dikukus (dibentuk kayak lontong) dan digoreng biasanya disajikan dengan setup sayuran dan saus steak…

Nah, dalam rangka mudik lebaran nanti, bunda inisiatif (hadoooh bahasanya😀 ) cari resep MPASI buat syauqi maem selama di perjalanan dan di kampung halaman nanti. Karena syauqi kan belom bisa maem lontong opor + sambel goreng ati…😀

Maka nya bunda kepikiran buat bikin Galantin for baby…😀 Resep asli galantin pake roti tawar, begitu pula dengan Galantin 4 baby ini.. Cermati komposisi yang ada pada roti tawar nya dulu ya?? Karena syauqi udah almost 12 yo, bunda memutuskan pake roti tawar aja, tp kalo masih ragu, roti tawar nya boleh diganti dengan oatmeal😀

GALANTIN ALA bunda syauqi

Bahan :

1 lembar roti tawar

1 butir telur ayam kampung

20 gr daging sapi cincang haluuus

wortel (panjang kuleb 10 cm, potong dadu kecil)

Bumbu :

1 siung bawang putih ,cincang

bawang bombay cincang

Keju

unsalted butter

air putih (12m + boleh diganti UHT plain)

Cara membuat :

1. tumis bawang putih & bombay dengan menggunakan unsalted butter

2. hancurkan roti tawar dengan air, tambahkan daging cincang, kuning telur, tumisan bumbu, keju dan wortel.

3. siapkan pinggan tahan panas / bunda pake rantang stainless andalan😀 , ato kalo gak ada, lebih sedeeep dibungkus pake daun pisang (dibentuk lontong gitu ) trus di kukus kurleb 30 menit.

4. potong secukupnya (kalo bunda, karena ditaruh di rantang stainles bulat, galantin kukusnya dibagi 2. 1/2 untuk sarapan, 1/2 sisanya dibagi 2 lagi untuk makan siang dan sore.

5. panaskan unsalted butter dalam wajan anti lengket, goreng hingga kecoklatan, sajikan dengan kentang kukus (bukan kentang goreng😀 )

6. untuk makan siang, bunda tinggal siapin tim nasi putih dan sup kembang kol..

jadi gimana penampakannya??😀😀

Foto0152
galantin baby buat breakfast😀

Foto0154

alhamdullilahh.. syauqi doyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan bangets..😀
happy cooking everybody !!!

2 Komentar

Filed under info, MPASI

2 responses to “Galantin (steak jawa :D ) for baby …

  1. Ping-balik: galantine a.k.a. steak jawa.. « when live is like come by to have a drink…

  2. Everything is very open with a precise clarification of the challenges.
    It was really informative. Your site is useful. Thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s