jika caesar harus dilakukan…


saya, ibu 1 anak, melahirkan secara caesar, karena di minggu ke 40 si jabang bayi belum jua turun ke “jalan lahir”…

Penyebabnya??? belakangan saya ketahui, karena kepala bayi yang terlalu besar, hal ini sudah pernah disampaikan oleh dokter pada saat saya menjalani USG 4 dimensi. baca disini.

diagram81hamilSaya sempat ngotot minta induksi sama dokter, tp kata dokter,” tidak sesederhana itu, karena jalan lahir itu agak berbelok, percuma saja dilakukan induksi, karena kepala bayi masih jauh dari jalan lahir padahal sudah minggu ke 40 dan ketuban sudah mulai keruh”

biar lebih gampang bayanginnya, silahkan liyat gambar disebelah…

bener kan??? jalan lahir bayi itu agak berbelok..

ย 

Pernah (atau) sering gak mendengar omongan..

“Melahirkan secara caesar berarti BELUM menjadi ibu”

Tanpa menghitung masa kehamilan selama 9 bulan yang sungguh sangat berat…

Seolah caesar tidak memerlukan perjuangan dengan nyawa sebagai taruhannya..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

cesredit

syauqi sedang IMD di OK

Saya, melahirkan secara caesar, tanpa perjuangan…

Sedih rasanya waktu dokter memberitahukan saya harus caesar…

Saya ingin berjuang untuk menghantarkan anak saya ke dunia…

Banyak ibu ibu lain yang melahirkan secara caesar, setelah mengalami kontraksi dan sakit (selayaknya melahirkan normal), tapi saya tidak, dan untuk itu saya sangat bersedih ..

Meskipun saya turut bangga jika ada orang yang berhasil melahirkan secara normal, hati kecil saya menjerit, seolah berkata, “kenapa saya tidak diberi kesempatan untuk berjuang?”

Allah punya rencana untuk saya…

Namun kini,dalam hati saya bersyukur, karena dengan memilih untuk caesar (sesuai anjuran dokter), saya bisa meminimalisir rasa sakit yang mungkin akan timbul bila saya ngotot melahirkan normal…

Bersyukur karena, dengan pilihan ini, bisa mengurangi rasa trauma akibat melahirkan…

Meskipun, untuk kelahiran anak ke dua nanti, saya akan berusaha untuk melahirkan secara normal…

Apakah mungkin????… Apalah yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak?? kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha kan? semoga Allah memberi jalan yang terbaik?

๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Untuk ibu ibu yang terpaksa harus caesar, semoga artikel di bawah ini bisa membantu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Refferensi: ย majalah ayahbunda/No.21/19 Oktober – 01 November 2009

SINDROMA LEWAT WAKTU

Bayi yang lahir lewat dari waktu normal kehairannya, 38 – 40 minggu, dapat mengalami sebuah sindrom yang cukup berbahaya. Meconium Aspiration Syndrome (MAS). Yaitu gangguan serius pada sistem pernafasan bayi baru lahir, akibat menghirup mekonium (feses pertama bayi) ke dalam paru parunya. Mekonium ini bisa terhirup selama atau sebelum proses persalinan.

Penyebabnya :

1. kehamilan yang lewat bulan (lebih dari 10 bulan atau lewat 40 minggu)

2 .Proses persalinan yang lama. Kala (tahap) 1 lebih lama dari 12 jam. Keadaan ini mengakibatkan bayi mengalami stress karena kekurangan oksigen sehingga saluran pencernaan bayi berkontraksi mendorong mekonium keluar dari anus dan mengotori cairan amnion (ketuban). Akibatnya mekonium terhirup bayi dan mengotori paru paru serta menghambat saluran pernapasan.

3.Bayi terlalu besar sehingga tidak bisa melalui rongga panggul ibu untuk dilahirkan secara alami (“macet ditengah persalinan)

4. janin yang mengalami kekurangan oksigen karena ibu nya masih memiliki kebiasaan merokok, bekerja terlalu berat, menderita diabetes selama kehamilan, dll.

Yang Beresiko :

ibu hamil yang merokok, ibu hamil penderita diabetes, ibu hamil penderita hipertensi, ibu hamil dengan panggul kecil atau memiliki kelainan pada tulang panggul., tapi memiliki bayi dengan ukuran besar dan melahirkan dengan persalinan alami. Ini meningkatkan resiko proses persalinan yang lama karena bayi sering tersangkut di rongga panggul.

Resikonya…

Bayi dapat meninggal di dalam kandungan, saat dilahirkan, atau beberapa waktu setelah melahirkan..

Waspadai…

Jika kenaikan berat badan selama hamil sangat rendah atau sebaliknya, sangat tinggi. Hasil USG menunjukkan pertumbuhan janin terhambat, atau volume cairan air ketuban berkurang.

Pencegahan..

Menjaga kenaikan berat badan sesuai dengan usia kehamilan, melakukan pemeriksaan antenatal care secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak merokok, tidak minumminuman keras, cukup istirahat..

ย 

8 Komentar

Filed under Kehamilan

8 responses to “jika caesar harus dilakukan…

  1. neo

    sama doank dengan istri ku,,,melahirkan cesar juga.hehehe….

    • putilaksmi

      @ neo : ini nelson ya? hihihi pakabar “law in finance”

      @allissa : iyaaah, rasanya gerah dengan ungkapan itu.. seolah melahirkan dengan cesar itu gak butuh perjuangan…

  2. Allisa Yustica Krones

    “Melahirkan secara caesar berarti BELUM menjadi ibu”

    Gak setuju!!!!!!

    Memangnya kalo cesar berarti kita gak mempertaruhkan nyawa?

    Perjuangannya sama beratnya kok dengan ibu yang melahirkan secara normal…

    Saya gak menyesal sekalipun harus melahirkan melalui tindakan pembedahan..

    Apapun yang Tuhan ijinkan terjadi di hidup kita, itu adalah yang terbaik..termasuk jika Tuhan ijinkan kita melahirkan dengan cara sectio…

  3. jian

    Setuju.. cesar jg sakit.. bedanya hanya sakitnya terasa setelah melahirkan n itu berlangsung lama, pemulihan nya jg lama.. belum lg berbagai resiko yg mungkin timbul akibat operasi.. Jd salah jika mereka fikir cesar tanpa perjuangan sama sekali..

  4. yulia

    aku malah menyesal gak lahiran cesar….bukan karena sakitnya melahirkan normal…tapi aku merasa bersalah sekali seakan2 penyebab meninggalnya anakku karena aku…
    disaat kandunganku 9 bulan aku belum merasakan tanda2 akan melahirkan,tidak ada flek,lendir darah yg seperti kata orang itu tanda2 mau melahirkan,makanya aku periksa ke dokter takutnya ada apa2,,setelah diusg kepala bayi sudah di bawah kalo dokter bilang sudah ada di garis star tinggal ditiup peluitnya..makanya dokter bilang tunggu 1 minggu lagi.setelah 1 minggu belum ada jg tanda2 akan melahirkan dan aku kedokter lagi untuk periksa,saran dokter adalah induksi.besoknya aku kerumkit dan dokter merangsang manual dulu supaya aku mules…sorenya aku merasakan mules 1 jam sekali,kemudian 1/2jam sekali dan jam 12 malam mulesnya 5 menit sekali lalu terus2an mules gak ada jeda…ya allah betapa sakitnya dan besok paginya hanya sampai pembukaan 9 setelah 1 jam menunggu ternyata belum ada pembukaan jg akhirnya diinduksi dan jam 9.45 anakku lahir itupun vagina digunting…tapi anakku gak nangis hanya merintih…bayiku hanya bertahan sampai besoknya jam 7 malam…sedih rasanya…yang aku sesali kenapa dokter tidak menyarankan cesar saja padahal kehamilanku sudah lewat dari 40 minggu (41 minggu) aku takut karena proses persalinanku yang lama sehingga bayiku stres dan keracunan ketuban yang sudah masuk keparu2 berarti bayiku sudah menghisap mekonium sehingga menghambat pernapasannya..
    sangat menyesal kenapa aku gak memilih cesar saja atas permintaan sendiri….tapi mungkin sudah takdir allah….(maaf aku jadi curhat begini)

    • putilaksmi

      trimakasih banyak mbak, mau membagi pengalamannya..๐Ÿ™‚
      ikut sedih dengernya, tapi sekaligus bersyukur karena waktu itu kami bisa mengambil keputusan yang tepat, sesuai anjuran dokter.. Karena banyak dari teman, sahabat dan bahkan keluarga yang sedikit ‘memaksa’ kami untuk mencari second opinion dokter agar bisa tetep melahirkan normal..

Tinggalkan Balasan

