kalau syauqi flu…


memang paling repot kalo balita sakit flu…

apalagi kalo hidungnya udah mampet, ditambah suara bersin sama batuknya yang sambung menyambung menjadi satu…😀

Mau di bawa ke dokter? waduuuh bukannya anti sama dokter, saya lebih memilih untuk home treatment dulu asalkan demamnya gak lebih dari 38..

Resep tradisional warisan si mama memang dirasa manjur juga buat ngatasin bat-pil nya syauqi. Plus ditambah sup ayam bumbu rempah yang berfungsi buat ngangetin badan…

Apa aja sih resepnya?

kencur 2Resep tradisional yang pertama, kencur yang diparut, trus diperas (untuk diambil sarinya).campur dengan sedikit air (kira kira 1 sdm air hangat). Jaman masih aktif nge Band duluu,  Bapak saya biasa minum kencur untuk meringankan sakit / meredakan gatal di tenggorokan, memang rasanya sedikit getir. Tapi hasilnya manjur tuh, batuknya syauqi mulai berkurang.😀😀

Foto0465

minumnya sambil dipangku (bukan dipaksa he he) biar gak tumpah..😀

mau tau ekspresi sang jagoan begitu minum sari kencur?

Foto0466

apa nih yaaang... kok rasanya kayak gini...

hahahahah..😀😀

minum 3 sendok sari kencur, besoknya batuk batuk udah gak kedengaran lagi… hohohoho

Resep  kedua nya, bawang merah..

kalo ini sih buat ngilangin masuk angin nya. Bawang merah nya di parut, trus di balurin di perut, punggung, sama dada. Biarpun syauqi jadi bau semur, tapi bikin dia jadi kentut juga loh😀😀 , alhamdulilah masuk angin lewat..

Resep ketiganya, bikinin sup ayam bumbu rempah..

cara masaknya, rebus 1 sayap ayam kampung dalam panci isi 2 gelas air. Masak sampai air menyusut jadi kurang lebih 1 gelas. masukkan bawang putih, merica (5 butir), pala, cengkeh,sereh,kayu manis dan garam (12 m.o). Tambahkan daun bawang dan seledri. Sajikan hangat (boleh juga dicampuri wortel/ kentang/ dll)..

Resep ke empat, ASI..

yup mimik ASI dan banyak istirahat😀😀

Sup nya ini yang bikin badannya selalu anget …

Alhamdulilah,.. flu berkurang..

Tinggalkan komentar

Filed under info, MPASI, syauqi ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s