cerita idul adha nya syauqi…


ayang juga kangen syauqi..

idul adha tahun ini adalah idul adha ke dua buat syauqi..

Sama seperti taon lalu, kita ngerayain ber lima di lampung..

Yang bikin seruu, ayah sengaja ambil cuti 2 hari..wuihh senengnya bisa kembali ngumpul dengan sangat lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..πŸ˜€

Alhamdulilah…

 

Sholat ied nya syauqi…

Kalo tahun lalu syauqi masih umur 2,5 bulan dan nggak rewel pas ditinggal solat ied *waktu itu syauqi cuman ditidurin di keranjang bayi dan ditaruh didepanΒ  eyang mama & bunda – supaya bisa terpantau pada saat kami shalat – dan alhamdulilah, waktu itu dia nggak rewel / nangis *

Tahun ini, bayi 2,5 bulan itu udah jadi toddler berusia 1 tahun 2 bulan yang sangat aktif, suka gratakan ksana ksini, moody (kadang ceriaa tapi seringnya malu malu ) .

pas mau sholat...

Sempet kuatir, bunda bisa ikutan solat nggak yaa? kebayang kalo pas ditengah solat syauqi mendadak nangis kenceeeeng dan mengganggu kekhusyukan jemaah laen beribadah *sehingga bunda mesti membatalkan solat ied yang cuman dilaksanakan 2 kali dalam setaon ini -duuuh*

Alhamdulilah, training solat magrib berjamaah di masjid berhasil juga. Syauqi gak rewel pas solat ied berlangsung..

Pas solat dimulai, syauqi nampak asyiik dengan handphone bunda *yang emang sengaja bunda taruh buat maenan syauqi – bunda memulai solat dengan tenang*

Menjelang ruku’, anak jama’ah lain yang kebetulan sebaya dengan syauqi nampak meminta HP bunda yang lagi dipegang syauqi, “ntak ntak – minta maksudnya-

anak soleh, gak ewel kalo bunda lagi sholat...

Syauqi takut trus nempel nempel ke kaki bunda, mintak digendong *dengan berusaha tetap khusuk, bunda gendong juga tuh syauqi*

Saat hendak sujud bunda taruh lagi syauqi di samping bunda, alhamdulilah syauqi sibuk lagi maenan HP..

Sampai sholat berakhir, syauqi masih tampak asyik dengan HP bunda dan kenalan kenalan baru nya….

hohoho.. syauqi banyak fans nya ternyata…πŸ˜€πŸ˜€

 

kenalan yuuuk...

dapet temen lagi bund...

*gak lupa BUnda berdoa,” ya Allah, smoga sholatnya diterima..” – coz sholatnya sambil nglirik nglirik ke syauqi-*πŸ˜€

Kambing, sapi dan kurban tahun ini..

liyat kambing yah...

Alhamdulilah.. untuk rizki yang telah dianugrahkan oleh Allah..

Tahun ini, syauqi mulai qurban. InsyaAllah, mulai tahun ini juga manajemen qurban di keluarga kecil kami sudah mulai dilaksanakan. rencananya mulai bulan depan kita (ayah sama bunda tentunya) menyisihkan sedikit dari uang bulanan kita, smoga tahun depan niat baik ini bisa terlaksana, amiin..

Idul Adha kemaren juga pertama kali nya syauqi lihat kambing dan sapi dari dekat…πŸ˜€ . Biasanya cuman lihat sepintas lalu aja di tv atau di jalan..

Takut kah dia??

hohoho, nggak sama sekali.. malah excited banget pengen megang kambing yang bau nya aduhai itu..πŸ˜€πŸ˜€

sediih liyat si mbek ...

 

Tapi pas liyat prosesi penyembelihan qurban, syauqi sempet sediih banget dan ngelendot ke ayah.. gapapa yah nak, ini namanya proses belajar untuk berkurban..

nanti pun syauqi akan paham makna berkurban kok nak..πŸ˜€

 

 

Unit Lapar Darurat :Β  steak kambing yummy..

kita smua suka banget makan daging kambing..πŸ˜€πŸ˜€

Tanpa menyianyiakan kesempatan liburan bareng dan jatah daging qurbanπŸ˜€ , tim unit lapar darurat bikin acara masak bareng.πŸ˜€. Minggu ini kita bikin steak kambing.. hohoho…

oia, kenapa Tim?? karena ayah, eyang mama dan bunda turun tangan buat masak!!! wkwkwkwkw…

setiap anggota Tim punya job description sendiri sendiri. Ayah bertugas memilah dan memisahkan daging dan tulang kambing kemudian mengiris kambing, eyang mama bagian menyiapkan perlengkapan masak dan bakar steak.

Bunda??? tugas pertama nenenin syauqi sampe bobokΒ  (alhamdulilah gak ketiduran),.. nguleg bumbu dan bikin saus!!!

gimana proses masaknya?? 1..2..3.. here we go..

iris dan pukul pukul dagingnya...

1. potong daging, sebaiknya jangan terlalu tebal, takut keras dan kurang matang.. *tips untuk melunakkan daging : baluri dengan daun pepaya, diamkan sebentar*

setelah di potong, pukul pukul dagingnya, biar empuk..

 

 

bumbu nya...

 

2. Siapkan bumbu : haluskan ketumbar, garam, gula merah, beri air asam jawa dan minyak goreng..

rendam potongan daging ke dalam bumbu ini kur leb 15 menit. jika suka, tambahkan bawang bombay yang dipotong besar besar..

 

smells good...

 

3. bakar daging&bawang bombay diatas api kecil.. sambil taburi merica bubuk..

kalo kita bakarnya sampe well done..

 

 

siapkan saus nya..

 

4. sambil nunggu daging masak, siapkan saus nya.. gampang kok bikinnya dan smuanya serba diiris.. tomat, cabe rawit , bawang merah!! tinggal ditambahin kecap manis dwehh…

 

Nah.. selesai sudah..

wait.. wait.. wait… penyajian dipiringnya belum???πŸ˜€πŸ˜€

sumonggo disimak..

selamat menikmati...πŸ˜€

Alhamdulilah, nikmatnya ber qurban dan berkumpul sama keluarga…

4 Komentar

Filed under kalo kita lagi ngumpul, recipe, syauqi ku, Uncategorized

4 responses to “cerita idul adha nya syauqi…

  1. Susan Noerina

    Aslkm. Salam kenal yah Mba Puti. Saya Susan. Suka baca2 blog Mba & emak2 yang lain. Karena saya gaptek makanya niat bikin blog baru terealisasi kemarin. Main2 yah ke blog saya: KeluargaZulfadhli@blogspot.com. Tapi isinya masih sedikit coz baru mulai. Salam kenal buat Abang Syauki dari Adik ZahiaπŸ™‚
    NB: Mbak SMA nya di Sanggau kah? Suami saya lahir di Sanggau Kapuas

    • putilaksmi

      salam kenal juga…
      makasih banget udah mampir…
      yupe, saya smu nya di sanggau..
      ok deh ntar gantian maen ke keluarga zulfadhil…

  2. bun… steak kambingnya keknya yummy deh… boleh dong dikirim ke sini…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    O ya, biarpun udah agak telat, dedek Raja mo ngucapin ke abang Syauqi nih…

    Met Idul Adha ya….

  3. putilaksmi

    @ mom lisa : emang yummy kok..πŸ˜€
    tks ya dedek Raja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s