kalau gigi nya telat tumbuh…(perlukah khawatir)


duluu, kalo ditanya "mana gigi syauqi?" slalu gini ekspresinya..

syauqi mulai tumbuh gigi di usia yang sangat sangat telat…

12 bulan…

sebenernya dari usia 7 bulan gusi bagian bawah ini udah mulai keliyatan putih putih (kayak gigi yang mau nongol) tapi ditunggu tunggu kok ya nggak muncul..

bahkan di ultah pertama nya, syauqi tak bergigi.. wkwkkwkwkw..πŸ˜€πŸ˜€

Gigi nya baru muncul setelah dia lancar jalan,..

di usia nya yang hampir 15 bulan ini, gigi nya berjumlah 4 buah..

Khawatirkah saya???

awalnya sih iyaa.. di setiap imunisasi, selalu aja nanyak ke DSA nya.. tapi kata DSA nya,“gak papa bu, itu masih normal, tunggu saja sampai usia 1 tahun”. dan ada 2 dokter yang bilang begitu. (DSA nya syauqi di Lampung dan di Bekasi). ===> makanya saya manut (nurut) dan mencoba untuk tenang meskipun (katanya) ada beberapa obat / vitamin gitu yaaa yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi.. tapi saya&ayahnya syauqi lebih memilih untuk alon alon asal kelakon..

Gimana Dengan Komentar orang orang di sekitar??

(karena gak jarang ibu ibu muda “rekon” tentang perkembangan anaknya dan gak sedikit yang membandingkan dengan semena mena )πŸ˜€πŸ˜€

alaah, kalo ini sih udah gak ambil pusing, karena setiap anak pasti tumbuh dengan cara yang berbeda, dan bagi saya itu anugerah…

dari pada pusing denger omongan orang, mending ambil sisi positif nya, setidaknya saya lebih lambat merasakan gigitan sayang dari syauqi pasa nenen time..πŸ˜€πŸ˜€

Jadi sebenernya apa penyebab syauqi tumbuh gigi nya lama???

menurut bayidananak.com , salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuhnya gigi pada bayi adalah kurangnya asupan kalsium si ibu (saya) pada saat hamil. Namun belum tentu kalo ibu hamil banyak ( cukup) asupan kalsiumnya Β lantas anaknya juga cepet tumbuh giginya, hal ini disebabkan karena daya serap kalsium setiap bayi berbeda beda..

situs infoibu.com pun mengamini pendapat diatas dengan mengungkapkan bahwa pertumbuhan gigi bayi sangan berfariasi dan tidak ada dua orang anak akan memiliki siklus pertumbuhan gigi yang sama (hmmm.. bisa diartikan, mungkin telat nongol gigi ini bisa saja tidak terjadi pada adeknya syauqi nanti)

Gimana dengan Makan? terganggu nggak (kan dia masih gak punya gigi??)

Alhamdulilah nggak, mulai 7,5 bulan syauqi udah mulai makan tim saring, 10 bulan tim kasar, 12 bulan sudah makan nasi benyek..

Pada banyak kasus (denger dari orang sihhh), kalo giginya belum ada dan makanan masih terlalu kasar untuk ditelan, biasanya bayi akan menolak untuk menelan makanannya (kayak mau muntah gitu…). Awalnya syauqi gitu, pas mulai makan tim kasar( waktu itu 9 bulan), jadi kita lembutin lagi (dibenyekin lagi nasi nya – manual) dan tim kasar kita berikan pas 10 bulan an. kita sering ngajarin syauqi buat “ngunyah” makanan yang dia makan.. dan alhamdulilah, dia ngerti kok dan mengunyah makanannya (kadang sampe monyong monyong)πŸ˜€πŸ˜€

Rewel kah syauqi waktu giginya mau tumbuh???

alhamdulilah nggak.. Nafsu makannya juga tetep terjaga dengan baik. Badan nggak panas. Tetep aktif. Hanya saja gusinya berdarah (kayak pecah gitu) waktu gigi nya mau keluar..

Trus kendalanya apa?? (hubungannya dengan telat numbuh gigi ini??)

Kalo buat syauqi mungkin lebih ke perawatan aja, sampai sekarang bunda masih berjuang untuk ngajarin syauqi sikat gigi. Syauqi suka susaah banget kalo disuruh sikat gigi. Makanya skarang bunda lagi getol banget sikat gigi di depan syauqi (maksudnya ngasih contoh..)

Kendala kedua… Hmmm, mungkin lebih pada ngadepin hobi barunya syauqi, “mengunyah” n*n*n…

hadooooooooohhhh….

Biasanya bunda cuman cubit pelan hidungnya, biar lubang hidungnya ketutup, ntar otomatis pasti dia buka mulutnya… ===> cara kuno sih…

tapi kadang cara ini gak manjur coz, makin di cubit hidungnya, makin kuat dia mengunyah…

hhhh… sabaar sabaaaaaaaaar….

*update : terlambat tumbuh gigi ini, sedikit banyak pengaruh sama kemampuan bicara syauqi. Sekarang syauqi emang lagi cereweet banget dan niruin smua mua omongan yang dia denger. Tapi pelafalannya jadi kurang sempurna karena giginya telan numbuh, karena ada beberapa pelafalan huruf yang memang memerlukan koordinasi antara lidah dan gigi.. contoh: apeL (syauqi bilang : APEM , Foto (oto’) , Jeruk (‘yuk), etc.. etc..

skarang senyumnya lebarr, sambil pamer gigi nya yang empat itu...

*) postingan ini cuman buat sharing ajah, tanpa bermasud menggurui (karena saya bukan guru) dan mendokteri (saya bukan dokter juga) ..πŸ˜€πŸ˜€

9 Komentar

Filed under info, parenting, syauqi ku

9 responses to “kalau gigi nya telat tumbuh…(perlukah khawatir)

  1. desrol

    Sama persis dengan si kecilku..
    Pengaruhnya smp blm bs ngomong dengan jelas smp umur 18 bln..gigi baru 6 buah..

    • putilaksmi

      yah, karena ada beberapa pelafalan yang memerlukan koordinasi dengan gigi ya mbak?
      Gapapa kok mbak, anak saya sekarang 2 setengah taun, sudah mulai cereweet sekali dan giginya sudah hampir penuh..

  2. arin

    aduh, saya nih yang lagi kebagian deg-degan. sudah setahun 2 minggu tapi belum tumbuh giginya satupun. dia lahir prematur 7,5 bulan apa pengaruh itu ya…………………………….

    • putilaksmi

      sudah konsul sama DSA nya mba?
      kalau sudah, mendingan tetap tenang ajah, ditunggu sampai waktunya tiba..
      sun sayang buat si kecil..

  3. cerry

    makash bu, skrg anak saya usia 9 blan 15 hari, tapi blum jg tmbuh gigi, saya khawatir, tp stlh saya membaca artikel ibu saya sedikit tenang makash bu

  4. BUNDA ARKAAN

    anak saya udh 14 bulan tpblmsatupun gigi na nongol’tetapi anak na sehat aktif ceria.sya sngat khawatir.ada yg bsa kash pnjlsan gak?sya blm konsul ke DSA.

  5. Bunda Griesellda

    alhamdulilah uda legaa setelah baca artikel ini… hehehhee
    makasii ya bundaaa…..

  6. Lucu banget senyumnya….πŸ™‚

  7. aprilia nila widhuri

    Hallo bunda putilaksmi..salam kenal yaa.. :* waahh..nama si dedek sama persis ama anak saya..syauqi,,begitu jg ceritany..anak saya syauqi jg telat tumbuh giginy..20bln msh 8biji,skrg 22bln mo’ nambah 4gigi skaligus tampakny..πŸ™‚ kasusny jg sama,bicaranya telaaatt bgt..smpe skrg msh blm jelas jg pelafalannya,bikin bunda nya deg2an..hehe..trnyta bnr ya ada pengaruh lambatny tumbuh gigi dgn bicara..hmm..jd sedikit lega baca blog bunda..(ΚƒΖͺΛ†oΛ†) ⌣tΠ½aϞk Ρ‡ou⌣ ya..smoga syauqi2 qt kelak mjd anak sholeh yg mendoakn n membanggakn ortuny..amiinn..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s