makan ala resto di rumah…


Pernah makan di tempat makan (baca : warung atau resto) terus habis itu rasanya kayak digamparin orang se kampung, karena harganya ke mahal an??

Pernah makan di tempat yang elite dengan suasana yang cozy tapi rasanya biasa biasa aja??

🙂🙂

Makanya minggu ini, kita bikin menu special di rumah..

Murah meriah, rasa lebih mantabz, gak perlu dandan and ganti baju, hemat bensin tapi teteup ngumpul bareng…

Yook maree dicoba resepnya :

IKAN BAKAR ENAK TENANT

pake sambel ketjap, weenak tenant

Ikan segar -kerat kerat (kita pake ikan sebelah, ituu ikan laut yang sebelah putih sebelah abu abu dengan berat 500 gr)

Jeruk nipis (buat ngilangin amis pada ikan)

Bumbu :

2 sdm ketumbar

5 siung bawang putih

air asam jawa

garam

gula merah

2 sdm minyak goreng

Mentega leleh& kecap (dicampur dengan sisa bumbu& dioles pas bakar nya)

cara membuat :

1. Haluskan bumbunya (bawang+ketumbar+gula merah+garam), campur dengan air asam jawa dan minyak.

2. olesi ikan dengan bumbu, diamkan sebentar.

3. Bakar ikan sambil diolesi dengan sisa bumbu yang dicampur dengan mentega leleh dan kecap.

KEPITING BERLADA

uenyak uenyak

*) terinspirasi dari kepiting lada hitam fave si ayah, tp karena gak beli lada hitam, pake lada biasa (putih) aja..

Bahan :

2 ekor kepiting (beratnya kurleb 1 kg) , cuci bersih.

tips :

biasanya kepiting dibeli dalam keadaan hidup. buat ngolahnya, siram kepiting dengan air panas, nanti capit -nya bakal putus sendiri. setelah itu, cuci bersih dengan air mengali, kalo perlu disikat😀 . kita lebih suka kepitingnya direbus sebelum diolah- soalnya kalo digoreng, daging kepiting suka lengket di cangakng- kurang sedeep. Makanya, setelah dibersihkan, rebus kepitingnya.

Bumbu :

2 sdm merica butiran

JAHE (kira kira segede telunjuk😀 )

6 siung bawang putih

1 butir bawang bombay

Saus tiram (3 sendok makan)

saus sambal botolan (3 sdm)

6 buah cabe merah keriting

Daun bawang dan seledri, potong kasar, untuk taburan

Garam

Mentega (untuk menumis)

Cara membuat :

1. Haluskan bawang putih, merica, jahe, garam. Iris bawang bombay dan cabe merah.

2. Panaskan wajan, lelehkan mentega, tumis irisan bawang bombay, bumbu halus dan cabe merah sampe haruum.

3. Beri saus tiram dan saus sambal botolan

4. Masukkan kepiting rebus & air kaldunya..

5. masak sampe air suruut dan bumbu meresap.

CAH KANGKUNG POLOS

biar imbang, pake sayurr

Bahan :

Kangkung 2 iket

Bumbu :

4 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 lembar daun salam

1 ruas jari Lengkuas

4 buah cabe merah

Garam, gula merah, saus tiram ==> sesuai selera

minyak goreng => untuk menumis

Cara membuat:

1. Iris semua bumbu

2. tumis bumbu iris sampe haruuum, tambahkan gargulsaustiram, masukkan kangkung yang sudah disiangi dan dicuci bersih.

3. masak sampe matang..

hummm, tebak yoook, masakan diatas cuman ngabisin budget less than 100rb…

rasanya so pasti bikin puas dan harganya gak kayak digebukin orang sekampung toh?

S.E.L.a.m.a.T  M.e.N.i.k.M.a.T.i

*) hmmmm, ayah, makasih ya kemaren udah ngupasin kulit kepitingnyaaa.. berasa makan pake penjepit kepiting @ resto…luv u huney…

Tinggalkan komentar

Filed under kalo kita lagi ngumpul, recipe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s