galantine a.k.a. steak jawa..


dulu emang pernah bikin galantine buat syauqi yang masih bayi..
kemaren sempet bikin lagi, buat versi dewasa nya..:mrgreen:
maksudnya galantine beneran..
resepnya didapet dari budhe yang punya catering di semarang.
Kali ini dalam 1 resep (500 gr daging), Bunda bikin sekalian buat syauqi..*tentunya kali ini udah pake UHT *๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
sumonggo disimak resepnya…

Bahan :
500 gr daging giling (100 gr syauqi + 400 gr kita)
7 lembar roti tawar (2 untuk syauqi + 5 untuk kita)
50 ml susu UHT plain (untuk syauqi)
50 ml susu kental manis yang dilarutkan dalam 100 ml air hangat(kita)
6 btr telur ayam (2 syauqi + 4 kita)
daun pisang – buat bungkusnya

Bumbu :

galantine kita..

A. Kita :

5 siung bawang putih

2 sdm merica

garam secukupnya

sedikit pala

1bh bawang bombay, cincang halus

mentega, untuk menumis

galantine nya syauqi, gak pake goreng..๐Ÿ™‚

B. SYauqi

2 siung bawang putih

garam

10 gr bawang bombay cincang

mentega untuk menumis

c.A.r.A. M.E.m.a.S.A.k

1. haluskan bawang putih, merica,garam dan pala.

2. panaskan wajan, tumis bawang bombay cincang dan bumbu halus dengan mentega.

3. hancurkan roti tawar dengan menggunakan susu+air hangat

4. masukkan daging, bumbu tumis, telur ayam, campur dan uleni sampe rata.

5. bungkus dalam daun pisang *kek bikin lontong*

6. kukus selama 30 menit, angkat, dinginkan..

7. BUka lontong galantin, goreng dalam minyak panas, angkat, potong melintang.. sajikan dengan saus sambal botolan dan dilengkapi dengan kentang goreng & wortel + brokoli rebus..

catetan :

untuk syauqi, cara memasaknya sama – tapi pake bahan dan bumbu untuk syauqi, hanya TIDAK digoreng..

selamat menikmati๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

4 Komentar

Filed under MPASI, recipe

4 responses to “galantine a.k.a. steak jawa..

  1. Pengen nyoba ahhhhhh๐Ÿ™‚

    Dicontek yah Jeng Put. Thanks

  2. Ping-balik: variasi telur, wiken ini.. | when live is like come by to have a drink…

  3. griyatawang

    Tante…saya suka resepnya, makasih ya saya coba, eh saya mau kasi saran, blognya jangan keramean gambar atuh, dijadiin header aja poto2nya hehehe…saran aja, biar enak dilihat dan menarik. Let’s make galantine.

  4. Ping-balik: Resep Belum Terposting.. | when live is like come by to have a drink…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s