we learned from you


sudah 19 bulan belajar jadi orangtua buat seorang bocah kecil named syauqi..

masih sering trial and error..πŸ™‚

postingan ini buat catatan saya dan suami. Bahwa proses pembelajaran jadi orangtua akan terus berlangsung. Jadi, rasanya bukan hanya orangtua yang wajib memberi contoh yang baik kepada anak. Karena tanpa disadari, kadang ada banyak perilaku anak kita yang perlu dan wajib kita saya contoh dan tiru..:mrgreen:

meskipun kadang saya menemukan kalo sifat buruk saya banyak yang nempel ke syauqi..πŸ˜€

tapi gak jarang pipi ini rasanya kayak ditampar *hahah lebay!*kalo ngliyat syauqi yang kadang lebih bijak dari saya..:mrgreen:

Misalnya untuk masalah jajanan dan makanan kakilima,

saya hobi banget jajan dan ngiras *jv: jajan dan makan di tempat*πŸ˜€ . Gak puas rasanya melewati wiken tanpa jajan di luar. Pemborosan??? memang!!!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ …

bubur ayam, lontong sayur padang, soto,mi ayam, mi jowo, bakso, pempek, es kopyor atau sekedar mampir ke minimarket deket rumah, beli minuman kemasan,coklat sampe chiki chiki an..πŸ˜€πŸ˜€

suami mah udah apaal banget kebiasaan saya ini…

Terkesan aneh karena saya melarang syauqi buat jajan sembarangan. Memang di usia nya yang sudah hampir 2 th ini *5 bulan lagi, yay!!*, kadang syauqi kita kasi jajanan / fast food gitu. tapi itu pun gak banyak dan gak sering sering.

Pernah juga syauqi makan nagasari yang dibeli sama eyang mama di tukang kue keliling, dan besoknya dia minta lagi *pas tukang kueh nya lewat*.. tapi kita akalin dengan bikinin dia nagasari homemade pake tepung hunkwee + sedikit tepung beras dan santannya kita ganti UHT plain + sedikit gula. Dan syauqi nurut.. *good boy*

kalo kita makan bakso, dan syauqi kepengen.. kita ngakalinnya dengan bilang, “ini baksonya pedees, nanti kalo syauqi mau, bunda bikinin sendiri yaa??” sekali lagi, cah ngganteng ini mau nurut.

Kalo kita jajan bubur ayam, syauqi cukup puas dengan kita kupasin telur rebus yang emang dijual disitu..πŸ˜€πŸ˜€

Bunda siy pengennya syauqi jadi anak yang gak suka jajan. Tapi kalo dipikir, gimana bisa ndidik anaknya jadi anak yg gak suka jajan kalo ibu nya suka benget jajan???? wkwkwkkwkwkwkwk:mrgreen:

triknya??

sebisa mungkin bunda nggak pernah manggil tukang jajan yang lewat di depan rumah. Ngerii juga liyat anak tetangga yang suka ujug ujug bawa piring dan beli bakso/ somay, padahal belum bilang ama ibunya dan gak bawa duit..:mrgreen:

seringnya, bunda juga bikinin syauqi makanan rumahan yang persiiis sama dengan jajanan yang bunda beli.. ya bakso, nagasari, nugget, spaghetti, mi rebus.. *biarpun rasanya poasti jauuuuuuuuh beda*:mrgreen:

bunda tau, pada masanya nanti, syauqi bakalan minta untuk dibeliin jajanan / makanan yang dia suka. Tapi bunda ingin masa itu datang lebih lambat… *emak-emak-curang*:mrgreen:

moral story : nampaknya saya perlu belajar dari syauqi untuk lebih cinta makan dirumah daripada jajan. *mencobajadiemakbijaksana*:mrgreen:

Laen lagi kalo masalah belanja alias shopping!!!

Belakangan bunda emang jarang shopping. sudah mulai bisa nge – rem kebiasaan beli baju – sepatu – tas – jilbab – pernak pernik gak penting meskipun seriiing banget nglirak nglirik gak nahan, kalo pas ada tulisan SALE pas jalan ke mol…:mrgreen:

penyakit bunda tuh.. misalnya ada barang yang bunda suka tapi gak jadi kebeli, hmmmmm biasanya sampe rumah masih suka diinget inget tuh. suka dibayangin, ntar make dimana, gimana.. aduuhhh pokoknya sampe kebayang deh.. Biasanya kalo udah gitu besok besok bakal disamperin lagi dan DIBELI… hahahhaha *bunda-gak-tahan-godaan*

dan untuk yang satu ini, bunda emnag musti belajar dari syauqi.. Kemaren, kita mampir di minimarket deket rumah buat beli telur ayam kampung yang stoknya menipis..

Syauqi : “ayah.. uyun” ==> minta turun dari gendongan..

trus jalan ke arah maenan dan langsung ngambil mobil mobilan..

Ayah : “bagus ya ‘i?”

Syauqi : ” abing baduss” ==> mobil mobilan bagus

langsung meluk mobil mobilannya

waktu itu kita emang sedang tidak ingin beli mainan baru lagi buat syauqi

Bunda : “dikembalikan lagi ya Nak? ini kan bukan punya syauqi? ”

Syauqi : masih tetap megang mainannya

Ayah : “coba ayah lihat mobilannya, ada tulisannya loh.. oo ini punya SURYA *nama minimarket*, dikembalikan ya??”

Syauqi : nurut dan ngembaliin sendiri mobil2annya

BUnda & ayah :πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ *tersenyumbanggakarenpenyakitibunyagaknurunkecahngganteng*

terimakasih udah 19 bulan mendidik ayah & bunda untuk jadi manusia yang lebih baik ya nak??

6 Komentar

Filed under parenting

6 responses to “we learned from you

  1. jadi teringat Raja, yang kmrn sempat ngejar2 aku yang lagi makan fast food a.k.a KFC sambil ngomong, “ma…nta…mam…”πŸ˜€πŸ˜€

    Memang sering rasanya gak adil ya, kita gak pengen anak kita makan yang aneh2, sering jajan di luar, tp kita sendiri punya bawaan jajan dan seneng makan makanan yang tergolong forbidden foodπŸ˜€

    • putilaksmi

      kalo di K*C dan sejenisnya,biasana biar syauqi gak minta, kita suka kasi es krim nya lis..πŸ˜€πŸ˜€
      tapi kadang kita kasih perkedel – french fries – sama ayam na juga kok… dikiiiiiiiit, coz dia udah kenyang duluan ama es krim nya…. *dia perlu belajar juga makan yang beginian*
      pernah kita kasi scrambled egg — ehh, dia gak doyan *kebiasaan pake telur ayam kampung*
      intinya emang ortunya gak usah sering sering makan disitu, biar anaknya juga gak kepengen…hehehhe:mrgreen:

  2. Hahaha….kita justru belajar banyak dari anak yah boooo

    Zahia juga gituh. kalo denger adzan langsung ambil mukena dan sajadah. Nyuruh ortunya sholat hehehe. Gud girl!!

    Toss ah Jeng, gw juga suka jajan coklat, biskuit, dll. tapi sekarang alhamdulillah dah berhasil di rem karena mo ngebiasain Zahia makan cemilan buatan sendiri. So yang ada gw lagi seneng eksplorasi dapur neh bikin donat, bolu, pisang coklat keju, dll :p-) (padahal dulunya kaga bisa masak sama sekalee)

    Kiss buat Ka Oi dari Zahia. makin pinter yah Sayang dan bikin Ayah Bunda bangga. AmienπŸ™‚

    • putilaksmi

      hahaha, punya anak emang mengubah segalanya yah boo…
      gw susah niy, ubah kebiasaan gak jajan chiki.. kalo pulang kantor, gw mampir ke minimarket deket rumah, bli chiki trus gw makan sambil nyetir…wkwkwkwkkwkw, kalo sampe rumah tp chikinya masih, ya gw lipet kemasannya trus gw simpen di laci mobil , buat cemilan besok pagi!!!wkwkwkwkwkk *ancuuuuuuur*:mrgreen:

  3. mba puti, aku jadi inget navaro. sama banget deh pengalamannya. maunya anak gak jadi anak yang suka jajan, tapi emaknya masih belum bisa ngerem jajanπŸ˜€

    • putilaksmi

      hahahha.. kalu udah gini kadang suka mikir “apa aku kecepetan jadi emak emak yaa?”
      lha gimana nggak kecepetan wong masiy suka jajan chiki…:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s