saat ku meminta sabar yang tak berbatas…


Happy 2nd birthday syauqi…

Ayah-Bunda love you…

*2 tahun jadi orang tua,smoga selalu dilimpahi kesabaran yang tak berbatas*

==> status Fb saya, 15 september 2010 – tepat di hari ulang tahun ananda tercinta yang ke dua..

Menginjak umurnya yang ke dua ini, saya memang selalu meminta stok sabar yang gak berbatas untuk menghadapi anak kecil yang selalu sok dewasa ini๐Ÿ™‚

Dan gak jarang karena ketidak sabaran saya, pertengkaran sering terjadi diantara kami. Ya, kami = saya dan syauqi. Seperti yang terjadi tadi malam, saat syauqi masih belum mau memejamkan matanya disaat waktu menunjukkan pukul 23.30 wib. Dia masih sibuk menyusun mobil mobilan nya dan masih merengek meminta roti kesukaannya. Sementara saya, sudah ngantuk luar biasa karena beberapa hari ini disibukkan dengan urusan kantor dll..

Lalu keributan pun terjadi. Syauqi masih merengek – menangis – menjerit meminta roti sementara saya dengan berbagai cara menolak permintaannya itu. Saya pikir, hari itu syauqi sudah makan banyak sekali. Dan, Hey!! ini jam setengahduabelas malam. Mau tidur jam berapa dia????!!!..

Akhirnya saya menyerah, saya berikan roti itu ke Syauqi sambil berkata tegas, “habiskan! Oi sudah minta berarti harus dihabiskan!”

Mulut kecilnya pun mengunyah roti itu sampe tinggal separuhnya…

Sampai akhirnya dengan wajah menyesal dia berkata, “Oi kenyang.. buat bunda saja”.

Segera saya ambil roti itu dan menyimpannya di kulkas..

Setelah itu saya bersihkan Syauqi dan kami pun bersiap tidur..

semua nya saya lakukan dengan diam – karena saya tau apa yang sudah saya lakukan tadi pasti menyakiti perasaannya..๐Ÿ˜ฆ

Di kamar, Syauqi minta nenen ( Oi masih baelum saya sapih meskipun sudah 2 tahun), matanya nampak sudah terkantuk kantuk, tapi saya masih mendengar dia berkata ” peluk Bunda..”

Dia pun tertidur dalam pelukan saya seperti malam malam sebelumnya..

Dan saya meleleh, saya elus lembut anak rambut di kepalanya, saya kecup lembut keningnya, sembari berbisik, ” Maafin Bunda ya Nak?? Bunda sayaaang Oi…”๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

*)ย  puti tau kalo ibu yang bisa mengontrol emosinya dengan baik akan menghasilkan anak dengan kontrol emosi yang baik pula. Puti tau kalo gak sepatutnya marah sama Oi karena jam segini dia belum tidur. Masih ingin main, masih ingin diladenin, bahkan masih ingin maem..

Anak 2 taon tau apa tentang waktu?

Tapi kadang tekanan yang berat dari kantor dan lingkungan membuat aku lupa kalo anakku masih 2 th. Sering aku paksa dia untuk memahami kalo bundanya capek, Bunda Sibuk, bunda ngantuk dan besok harus kerja.

Anak 2 taon tau apa tentang tanggung jawab orang tuanya?

Kalo sudah begini, rasanya aku sudah gagal jadi ibu yg baik, ibu yang bisa jadi panutan anaknya..

Ada masanya aku bisa sabar ngadepin anak ini, tapi seringkali aku merasa nggak mampu buat ngendaliin dia..

Jadi orangtua memang pembelajaran tiada akhir, selalu ada pelajaran baru dan ujian dengan level tertentu untuk menguji kemampuan kita untuk jadi orang tua yang lebih baik lagi…

Gak ada orang tua yang sempurna memang, yang ada hanyalah mereka yang bisa mengusahakan yang terbaik untuk anaknya..

Saya memang masih perlu belajar banyak tentang Oi. Memahami keinginannya.. Mengarahkannya untuk jadi manusia yang baik, yaaa… setidaknya lebih baik dari saya..

Oi baru saja tidur, ada rasa sesal saat mendengar dan merasakan desahan nafasnya..

Dia hanya anak 2th yang ingin dipahami, oleh ibunya yang hanya bisa menemaninya bermain 5jam setiap harinya…

*) message dari saya untuk suami tadi malam…

Ahhh, selamat ulang tahun anakku, ayook sama sama belajar saling memahami, bunda loves u…

8 Komentar

Filed under myself and I, parenting

8 responses to “saat ku meminta sabar yang tak berbatas…

  1. bekti

    Betul Jeng, mengurus anak kecil memang harus extra sabar ya? Terharu waktu Oi minta roti ke mamanya…. Secara Jos anaknya suliiiiit banget kalo disuruh makan. Jadi kalo sampe Jos teriak minta makan, bagi saya just only dreaming *saat ini*. Apalagi bisa ngabisin roti sampai separuhnya, mamanya bisa sujud syukur sampe jidatnya item, hehehe…

    • putilaksmi

      iya jeng makanya kemaren sambil merenung juga, “apa siy susahnya nurutin permintaan Oi yang cuman pengen maem roti di jam setengahduabelas itu?”..
      cuman karena capek badan ini dan pengen segera tidur aja makanya permintaan si anak gak diturutin..๐Ÿ˜ฆ …
      memang masih perlu banyak belajar untuk jadi orangtua yg lebih baik lagi..๐Ÿ˜ฆ

  2. I can feel what u feel, put. Kadang aku jg suka marah sama Raja, krn ternyata keras kepalanya adalah gabungan dr aku n suami… Tp stlh marah, setelah Raja dengan wajah memelas minta mee-mee, rasa sesal lgs menyerang sampe bikin nangis…

    Dilemma jd ibu, ya Put.. Qta capek di kantor, anak blm bs ngerti. Qta pengen ngasih perhatian sebanyak yg qta bs ke anak, org ktr gak bs ngerti๐Ÿ˜ฆ

    Tp yah, itulah hidup..yg ptg tetep berusaha jadi ibu yg baik utk anak-anak kita…

    • putilaksmi

      iyah lis ngerasa dilemma banget..
      tapi sekarang aku banyak dikuatkan dengan teman2 yg juga ikut ngerasain apa yg kurasa…

      *peyuk peyuk mama raja*๐Ÿ™‚

  3. hwaaah syauqi dah Ultah 2tahun yaa,,,maaf yaa telat
    “happy bday yaa syauqi…wish u all the best”

  4. Putiii… Ada award yg kuteruskan utk dirimu, say, diliat ya di blogku..

    Semoga berkenan yaaaa..๐Ÿ˜€

  5. Menjadi orang tua memang ga pernah putus untuk selalu belajar dan berusaha yang terbaik…

    Tulisannya oke put…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s