Sim salabimmm..(resep batita ku)


udah lama juga gak posting tentang masakan rumahan buat syauqi..

Sehari hari, syauqi biasa dimasakin sama the chef kita (eyang mama).. Masakan eyang jelas saja gak usah dipungkiri lagi. Pasti maknyuuss, sehat dan bergizi (halaaah opo to yaaa?)..

Belakangan, di usianya yang sudah menginjak 2 tahun ini, menu masakan buat syauqi kadang memang sudah tidak dikhususkan lagi. Maksudnya, syauqi mulai makan makanan yang dimakan sama ayah bunda nya juga. Apalagi untuk lauk lauk kering macam ayam /ikan goreng (makanan favorit niii), ikan bakar, tempe / tahu bacem / goreng atau bisa juga  soto, sate ayam, sup, rawon sampe opor ayam kampung..

Tapi ada kalanya, Bunda nya ini juga diharuskan pengen masak buat si buah hati tercinta.. Andalan bunda siy biasanya telur dadar keju.. tapi kasian juga dimasakin telur teruss, pengen ada variasi biar si bocah gak jenuh dan yang penting masaknya gak pake lama..

seringnya bunda masak untuk syauqi buat sarapan aja (kalo sempet…).. dan iniii niiih beberapa masakan yang bisa di share.. Dan seperti biasa, bumbu nya masih pake sistem kira kira (buat 1 x makan aja kokk)..:mrgreen:

1. NAsi GoreNG syalala enaak nyaa…

porsi sekali makan nya syauqi..

Bahan:

3 sdm Nasi putih

1 bh ati ayam kampung

1/2 buah tomat (cincang halus)

Bumbu :

1 siung bawang putih (cincang halus)

1/4 bh bawang bombay ukuran sedang (cincang halus)

1 sdt kecap manis

sejumput garam + sedikit keju parut jika suka..

blue band buat menumiss

Cara memasak..

Gampangg… tinggal tumis bumbu bumbu nya bawang putih – bombay – kecap – garam – keju..

masukkan ati ayam kampung + tomat, masak sampe sekiranya ati matang..

masukkan nasi, aduk rata.. S.A.J.i.K.a.N..

2. BistIk SalMon + TofU enak tenant..

campurin aja smua kayak gini...

Bahan :

50 gram salmon

50 gram tofu

1/2 butir tomat, cincang

Bumbu :

1 siung bawang putih

1 bh bwang merah

garam – keju

1 sdm kecap manis

1 sdm blue band

Cara masak..

Lebih gampang lagiii, tinggal  campur aduk semua bahan dan bumbu jadi satu..  tambah dengan 100 ml air. Masak dengan api kecil sampe air suruut. Paling enak dimakan sama nasi putih hangat..

3. Tumis Salmon Buncis..

buat sarapan + makan siang..

hahaaa.. mulai maless pake rincian bahan dan bumbu.. wkwkkwk..

*ketauan kalo bumbu masak buat syauqi cuman bawang merah – putih – kecap – garam*

Nahh, kalo tumisan ini dibuat untuk ngabisin stok salmon di kulkas..

tinggal tumis bawang merah – putih – tambah kecap sama garam, masukin salmon dan bunciss.. tambah air trus di gosreng gosreng…:mrgreen:

4. SpAghEti disulap jadi Mi Tek Tek..

huummmmmmmmmm

Kalo ini ceritanya bikin makanan anget anget buat syauqi pas hujan..

Yang ada cuman spaghetti (bunda pake La fonte) sama sedikit udang.. Yo weiis mari bikin mie tek tek..

rendem dulu spaghetinya pake air panas sambil siapin bumbu dan bahan..

seperti biasa, bawang bombay dan bawang putih menunggu giliran untuk dicincang halus. Tambahkan juga tomat dan seledri + daun bawang yang juga dicincang halus. Gak lupa 3 buah udang ukuran sedang yang dicincang halus..

Tiriskan spaghetti yang tadi direndam di air panas..

Tumis bawang bombay – bawang putih sampe haruuum, masukkan udang dan tomat plus garam.. tambahkan 1 gelas air, masukkan spaghetti dan masak sampe matang..

terakhir, masukkan daun bawang + seledri, tunggu sampai mendidih.. sajikan..

5. PancaKe Pisang Coklat..

Meskipun sangat sukaaa makan, tapi ada kalanya syauqi ogah ogahan makan. Kalo udah begini, biasanya bunda keluarin jurus jitu buat bikinin pancake ini..

Bahannya pake 2 sdm oatmeal (yang udah di campur dengan air), 1 btr telur ayam kampung, 1 sdm blue band yang dilelehin, pisang ambon (cuman dikit sih), dan kira kira 50 ml susu UHT plain.

Campur semua bahan jadi satu, dadar diatas teflon diatas api kecill balik, angkat..

untuk toppingnya, bunda kasih silverqueen chunky bar yang melted diatas pancake panas.. hmmmm yum yumm..

well segitu dulu ajah yaa? langiit mendung bangeet mau buru buru pulang… segera memeluk syauqi ku di rumah…

9 Komentar

Filed under MPASI, recipe

9 responses to “Sim salabimmm..(resep batita ku)

  1. Hiyaaahahahaha kok sama to put, Raja jg klo lg syusyeh makan, menu andalan ya mesti yg ada kandungan oatmealnya😀😀

    Btw, tks for sharing this here ya put, semuanya layak utk ditiru😉

  2. Lho..lha kok sama dengan makan Dita minggu lalu, tumis salmon buncis. Cuma kemarin tumisnya ditambah jagung manis. Thanks resep lainnya Bun🙂

  3. Hihihi gw jadi kepikiran juga bikin pancake pake coklat di atasnya (coklat batagan). selama ini paling coklat meses ajah.

    Btw ayooo Put tulis lagi resep2 lainnya. gw mo nyontek🙂

  4. Dea

    wah.., pinter masak ya mba?
    salam kenal ya mba. Sempet beberapa kali mampir ke blognya dan baca2, eh gak ternyata temen suamiku, heheh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s