ayam bumbu rujak, bekal suamiku di senin pagi ;p


Masih dalam suasana imlek dimana hujan hampir turun setiap hari sehingga sangat mendukung hobby si Ayah untuk tidur siyaang sambil memeluk anak tersayang.
Masih dalam rangka berberes rumah selepas mudik, merapikan ‘cinderamata’ dari kerabat dan keluarga kami. Termasuk diantaranya tanaman gelombang cinta yaang sempet happening beberapa waktu yg lalu. Sehingga menyibukkan the eyangs untuk memindahkan 5 tanaman itu ke dalam Pot yang sudah kami beli kemarin. Mengasyikkan, begitu kata mereka.
Dan saya pun bingung mau ikut klub mana? Saya merasa belum mengantuk dan gak ingin tidur apalagi ikut berkebun. Tidak seperti kebanyakan wanita, saya kurang suka bunga dan berkebun *kecuali bunga bank cencunya*.bagi saya, Rasa jijik pada cacing dan ulat mengalahkan daya tarik bunga atau tanaman hias.
Dari pada bingung dan bosan, saya memilih untuk meliat bahan mentah yg available di kulkas dan memasak untuk makan siang ini sekaligus bekal suami di senin pagi.
Pilihan jatuh ke ayam. Dan setelah ‘konsultasi’ singkat dengan eyang mama, saya akhirnya memutuskan untuk membuat ayam bumbu rujak dan tempe goreng+urap sayuran untuk makan siang ini.
Dimulai dengan mencairkan 1 ekor ayam yang masih beku di frozen,men ngupas 7 bh bawang merah dan 5 siung bawang putih, 2 ruas jahe, lengkuas dan mencuci bersih daun salam -1 batang serai, 1 buah tomat, dan 4 lembar daun jeruk. Oia, namanya bumbu rujak, pastinya harus peDas yaa? Dan saya pun menambahkan 25 bh cabe merah kriting plus 10 bh cabe rawit. Lupakan sejenak harga cabe yang meroket hampir menyaingi harga emas. Dan membuat saya ingin memakai kalung cabe, dari pada kalung emas..:mrgreen:
Aih, malah ngelantur kmana mana. Setelah bumbu siap, saya mulai menghaluskan bumbu dan siap untuk menumis. Tumislah sampai haruuum!! Begitu selalu pesan para chef terkemuka!! ;p , jangan lupa tambahkan asam jawa-garam – gula merah – dan ketjap, masukkan ayam dan beri 1 gelas air. .Masak sampai air surut dan ayam jadi empuk..
Dan berikut tampilan ayam bumbu rujak made by cheff puti.

Posted with WordPress for BlackBerry.

4 Komentar

Filed under recipe

4 responses to “ayam bumbu rujak, bekal suamiku di senin pagi ;p

  1. Allisa Yustica Krones

    glek….enyak…enyak…enyakkk!!!!!

    btw, Put, soal ketertarikan sama bunga dan tanaman, wah dirimu berbanding terbalik dengan diriku yang selalu semangat sama bebungaan sampe papanya Raja perlu mengerem kebiasaanku beli bunga dan pot😀

    • putilaksmi

      aduuuuh lisss. Fyi, di rumah sekarang ada 20 an lebih pot bunga, sampe pusyiing liyatnya.. bingung mau narok mana.. Udah kayak kebun raya bogor aja niy rumah…

  2. Cleguk..slurrp. Waduh…saya tanaman gak hobi, masak gak hobi, wanita macam apa diriku ya hahahaha😀

    • putilaksmi

      Bapak saya bilang saya ini wanita cap .. go meh..:mrgreen:
      gara gara gak tertarik sama bunga bund… ada ada ajaa…😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s