Siomay Buat Ayah..


Lagi males mau posting yang panjang panjang..🙂

Belakangan ini lagi suka blog walking atau liyat liyat cara bikin bento ala jepang gitu. Pengeen banget suatu saat nanti bisa bikin buat suami tiyap hari, buat anak juga deh. Kalau bekal ku mah, apa aja, yang penting ada nasi – lauk dan enak, tak perlu dihias hias.

Nah, berhubung belom punya alat buat bikin bento ala jepang (yang ternyata harganya gak murah juga yaaa).. Sekarang mendingan diniyatin dulu lah, mulai bikin agenda rutin masak buat bekel suami tercinta. Ngaku aja deh kalo selama ini lebih sering eyang mama yang masakin…

Nah, wiken ini, berhubung gak kemana mana karena si anak ganteng sedang dalam proses pemulihan sakitnya, makanya saia niat banget buat mikirin bekal senin pagi buat suami. Mulai deh, terlintas untuk bikin siomay. Cara masak dan bahan nya gampang dicari, dan termasuk makanan yang gak gampang basi. Malumlah, dibuat di minggu siang dan baru dimakan senin pagi (oh, tentunya dipanasin lagi di minggu malam).

Resep somay nya seperti biasa didapet dari blogwalking dan dengan penambahan disana sini. Akhirnya dapet deh resep yang paling cucook, ada di  masakmasak.blogspot.com

disesuaikan dengan stok bahan di kulkas😀 , jadinya

Bahan : 500 gr tengiri, 50 gr terigu, 200 gr tepung sagu, 100 ml air, daun bawang, kentang dan tahu

Bumbu : bawang putih, merica, garam dan gula (kalau mau bisa pake penyedap, tapi kami ga pake dan rasa sudah enak #promosi)😀😀

Pelengkap : wortel cincang untuk pemanis

Cara buat :

1. campur tengiri , tepung sagu, terigu , daun bawang cincang dan air+ bumbu yang sudah dihaluskan

2. cetak atau bentuk bulatan dari 3/4 adonan tengiri – taburi wortel – kukus 15 sampai 20 menit.

3. sisa adonan tengiri diisikan ke tahu dan kentang. (kentang udah direbus dulu 1/2 matang – belah 4, keruk sedikit tengahnya, isi dengan adonan) kukus 15 – 20 menit.

Untuk sambal kacangnya, kita modif sendiri. Goreng Kacang tanah,  cabe merah+bawang putih dan kemiri. haluskan, jangan lupa ditambah gula merah dan garam. Setelah lembut, seduh dengan sedikit air panas – saat akan menyajikan.

Resep asli sambal kacangnya sih diberi kentang yang sudah dihaluskan dan direbus pake santan. Tapi demi alasan kesehatan dan biar gak cepat basi, kami menghindari santan. Rasanya gak kalah enak dan kemiri nya membuat sambal kacang tetap ngluthek alias nampak kental.

 

dan ini lah penampakan somay bikinan saya (dengan insert foto bento buat suami)…

Alhamdulilah bisa dinikmati Ayah untuk sarapan di senin pagi. Apalagi syauqi juga sukaaaa banget.  Dan karena porsi ‘bento’ ayah cukup banyak, bisa juga berbagi dengan teman temannya dan mereka bilang ,”enaaaaaaaak…”

Aihh senangnyaaa….😀😀😀

15 Komentar

Filed under recipe

15 responses to “Siomay Buat Ayah..

  1. enak tuh kayaknya..*nelen ludah*

  2. wah pangling main kesini bun blognya tambah bangus banget tampilannya..
    btw buat siomay sma ga sih ama pempek? pengen nyoba jg nih🙂

    • putilaksmi

      iyaah, kemaren kemaren lagi jenuuuh banget, jadinya utak atik header blog dan lain lainnya. Kalo secara rasa sih kemaren rasanya hamppir sama kayak pempek.. tapi aku pernah denger dari temen, katanya kalo pempek itu, setelah jadi adonan dan dibentuk, habis itu direbus – bukan kukus…
      coba aja mam, gampang kok..🙂

  3. Jadi kepengen juga nih nyoba bikin siomay, soalnya papanya Raja juga doyan sama siomay😀

    Btw, bener, put kalo pempek itu direbus bukan dikukus. Trus cara bikinnya juga beda, soalnya kalo pempek pake diuleni dulu gitu, put, trus gak pake tepung terigu juga… aih, kapan2 pengen ah bagi resep pempek😀

    • putilaksmi

      ayoook lis bikiin wiken iniiii…
      nahhh, ayook di share resep pempeknyaaa…. semua keluargaku sukaaa bangeeet soalnyaaa… biar bisa dibawa juga ke jakarta sma suamikuww. Banyak temennya yang minta dioleh olehin ini..tapi aku maleez beliin soalnya mihill… hehhehehhe

  4. Delvi

    Bunda Syauqi…..

    Pengen ihhh…. semakin expert! doain sahabatmu ini ya, untuk bisa buatin bekal suami kelak *jleb*

  5. Delvi

    Assalammualaikum…

    Bunda syauqi semakin expert!, salut!, mohon doa sahabatmu ini nantinya dapat menyiapkan bekal untuk suami kelak *ugh Jleb!*

    *tugas sekarang= mencari calon suami dulu *_*

  6. Enno-Mama Fira

    Andaikan kau dekat… Udah kurebut siomay mu ndukk… Dijamin Mas Cicu ga bakalan kebagian…. :p

    Kapaaan ya bisa pinter masak kayak gini…..

    sssllllrrrpppp……

    • putilaksmi

      alhamdulilah engkau jauh… hahahahah…

      Aku juga gak terlalu pinter masak kok no, cuman mulai agak rajin setelah Oi besar dan mulai bisa maem macem macem….
      buatku masak untuk anak dan suami ini lumayan bisa jadi refreshing setelah berkutat dengan angka senin-jumat..

  7. Aku suka banget siomay tapi kalau suruh bikin kok kebayang ribet hahaha. Dari gambarnya kelihatan yummy banget nih. Slurrpp…*ngeces*😀

  8. hehe aku emang udah rencana ama anak-anak bikin pempek VS siomay tp MamaRaja bilang ada bahan yang beda ya? wah wah yang bener gimana toh? soalnya kita sekeluarga doyan banget pempek n siomay
    please..share dong resep pempeknya…matursuwun🙂

  9. Hihihi ko kita sehati yah Put gw juga minggu lalu baru bikin siomay. Dan dapet point 10 dari Ayahnya Zahia & emak gw🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s