Soto mie dan Nasi KeBuli wiken ini…


Sampai hari ini, Alhamdulilah, masiy semangaaat banget bikin masakan yang istimewa buat suami tiap wiken. Dan Alhamdulilah (lagi), wiken kemaren, saya gak perlu dateng ke kantor buat ngerjain laporan. Laporan sudah saya selesaikan di Jumat malam, tepat setelah syauqi tertidur pulas.🙂

Saya memang bersedia melakukan apapun agar laporan bulanan cepat selesai untuk mengurangi porsi lembur di akhir pekan. Termasuk, pada saat harus lembur di rumah sambil membungkus kepala ini dengan handuk  *ceritanya, lagi maskerin rambut yang makin hari makin tipiiis gara gara rontok* dan ditemani sinetron cinta fitri session 7 yang jadi favorit eyang mama.:mrgreen:

Wiken ini, rencananya mau masak 2 menu spesial buat suami. Soto mie Bogor di Hari Sabtu, dan Nasi Kebuli yang dimasak di minggu sore, untuk bekal senin Pagi.

Saya kenal soto mie pas jadi funemployment:mrgreen: di jakarta. Waktu itu, sering banget makan soto mie yang gerobaknya  mangkal di depan bii jatinegara. Kuah nya yang pedas dan segar bikin saya kangeen dan kembali berburu soto mie jatinegara ini pas jaman hamil *ngidam ceritanya*, tapi sayang – si penjual soto udah kena gusur, Akhirnya kita cari soto mie di tempat lain deh..

Akhir akhir ini sempat kebayang lagi enaknya makan soto mie. Apalagi, kemaren sempet baca status fb temen yang lagi liburan di bogor.. “soto mie.. Akhirnya kesampaian juga”.. :D  Nah, berhubung di lampung ini ndak ada yang jualan soto mie, Jadi sabtu ini saya niaat banget mau bikin soto mie special buat swami..😀😀 . Seperti biasa, Resep soto mie Bogor didapat dari googling di sana sini plus disesuaikan dengan selera kita..

Untuk yang belum tau, Soto mie adalah makanan berkuah (seperti sup)  yang disiramkan pada mangkuk yang berisi mie kuning, irisan kol mentah, irisan tomat, irisan daging sapi, seledri cincang dan risol. Biar gak ‘bertabrakan’ sama mie kuningnya, Risol diisi dengan bihun yang sudah dibumbui.

Ini dia, resep soto mie ala chef puti..

Bahan :

250 gr Daging sapi – potong kotak – rebus (diambil kaldunya)

kol – cuci dengan air masak – iris tipis tipis

1 bh tomat – potong dadu

1 papan (eh – bener ya 1 papan??) mie telor – masak , tiriskan

Miyak untuk menumis

*) Risol

Bumbu (dihaluskan) :

10 siung bawang putih

5 bh bawang merah

1 sdt merica butiran

2 cm jahe – dibakar, haluskan

2 cm kunyit – dibakar, haluskan

1 batang serai – dibakar, digeprek

2 lembar daun salam, sobek sobek

3 lembar daun jeruk, sobek sobek

Garam – gula

Cara bikin :

1. Rebus daging

2. Panaskan minyak,  tumis bumbu yang dihaluskan, tambahkan serai – daun jeruk – daun salam, tumis sampe haruum

3. Masukkan tumisan ke dalam rebusan daging, tunggu sampai mendidih dan daging empuk.

Penyajian :

1. tata mie rebus, irisan kol, tomat dadu, seledri dan irisan risol dalam mangkuk.

2. Siram dengan kuah soto+irisan daging

3. Taburi bawang putih+merah goreng, beri sambal (cabe rawit+bwg), kecap & jeruk nipis jika suka..

*)Cara bikin Risol:

Kalau mau gampangnya siih, beli aja kulit lumpia di pasar, isi pake bihun yang ditumis pake bumbu bawang+garam plus taburan seledri.

Kalo susah cari kulit lumpia, bikin sendiri juga bisa. saya pake 100 gr terigu, 1 btr telur, 200 ml air, 1 sdm myk goreng.Aduk rata, trus dadar tipis tipis (dapet 7 dadaran). Isi dadaran dengan bihun, lipat bentuk amplop, goreng .

Tips masak soto dari Eyang mama:

1. Karena tidak memakai kaldu blok atau penyedap rasa, sebaiknya gunakan bawang putih yg banyak.

2. Taburi soto dengan bawang merah+putih goreng

3. Selalu pakai serai – jahe – kunyit yang di bakar dulu sebelum digeprek terus ditumis. Karena kalau gak dibakar dulu, terkadang menimbulkan citarasa pahit pada masakan..🙂

Dan Resep soto mie diatas menghasilkan 6 porsi (dengan penyesuaian pada mie – kol dan tomat yaaa)🙂🙂

Buat masakan kedua, saya dapet nemu di resep yang ada di belakang kemasan blueBand – tentu saja dengan modifikasi disana sini🙂 . Ngeliyat dari cara masaknya, sepertinya cukup gampang dan enak. Berbeda dengan Nasi uduk, Nasi kuning dan nasi berbumbu lainnya, Nasi kebuli blue band ini tidak menggunakan santan dalam proses pembuatanya. Karena gak pake santan inilah, Nasi ‘diharapkan’ bisa tetep awet sampai senin pagi. Di resep ini, minyak samin yang biasa digunakan sebagai campuran nasi, diganti dengan blueBand. Nasi kebuli nya juga menggunakan Ayam, bukan daging kambing. Menurut saya siy, rasanya tetep enak enak aja tuh… #pembelaan.

Bahan :

300 gr beras, cuci bersih

300 gr ayam, pilih bagian dada, potong

500 ml air (kurang lebih)

Blue Band (untuk numis dan mengukus nasi)

Serai (1 tangkai, bakar, memarkan)

Bumbu :

Pala (sedikit aja)

Kapulaga ( 4 butir)

Cengkeh (2 butir)

Bawang merah (5 )

Bawang putih (3)

Ketumbar (1 sdm)

Jintan (1 sdm)

Adas (1 sdm)

Jahe ( 2cm) – dibakar dulu

Garam — gula

Cara Bikin :

1. Sangrai semua bumbu (kecuali bwg merah – putih – jahe).

2. Halus kan semua bumbu, tumis dengan blue band. Jangan lupa tambahkan serai.🙂

3. Masukan ayam, masak sampai ayam agak kecoklatan.

4. Masukkan Air, tunggu sampai mendidih, masukkan beras, masak /aron sampai air surut.

5. Kukus aronan nasi+ ayam (kita alasi dandang pake daun pisang – biar syedweeep🙂 ) selama 30 menit.

6. angkat, sajikan.

Tips nasi kebuli blue band ala chef puti:

1. setelah nasi selesai di kukus, pisahkan ayam dari nasi. Goreng ayam dalam sedikit minyak (kayak numis gituu). Sajikan.

2. Enak juga dimakan pake sambal tomat buatan sendiri. (cabe merah+tomat+bawang merah-putih digoreng, dihaluskan dengan garam dan sedikiiit terasi)..

Gambar diatas adalah bekal ayah kemaren. Nasi kebuli nya dihias ala bento meskipun cuman seadanya, dilengkapi telur dadar yang dipotong segitiga (ceritanya itu mata hidung mulut, tapi mata kiri nya jatuh😦 ).. Sayuran rebusnya kacang panjang yang dikepang – kepang, sukses bikin syauqi teriak minta minta tapi gak dikasih… hahahahah #emakmacamapaakuini :mrgreen:  . Tak hanya sayur – kali ini ada jeruk yang nyempil di bekalnya. Dan tentu saja susu untuk me re-charge energi, biar semangat di senin Pagi..🙂🙂🙂

 

8 Komentar

Filed under recipe

8 responses to “Soto mie dan Nasi KeBuli wiken ini…

  1. bekti

    Hiuff, sukses membuat ngeces disaat-saat kayak gini, xixi…. Iya, akhir-akhir ini aku juga sering lho nyoba resep baru, resepnya dari buku masakkannya Sisca Soewitomo, hidiiih, enak tenaan😀

  2. Enno-Mama Fira

    Aku mau teriak-teriak “mintaaaaaaa….”…. pasti gak dikasih… hufff…

    Kok bisa pinter masak gitu tooo… penampakannya cantik lagi, bikin gak tega buat memakannya…. :p
    Ebat, bisa buat masakan macem-macem, sementara aku… tidak betah di dapur… hehehehehehe…

    • putilaksmi

      makanyaa maen kesiniii ntar taj ‘uncali…😀😀😀

      pinter masak karena kepepet nno.. Demi suami yang datang seminggu sekali.. hehoheho

  3. Duuuhhh…makin hebat masak aja dirimu, Put, hehehe

    • putilaksmi

      amiiin kalo di bilang hebat…

      masih pengen terus belajar, apalagi bikin kue , roti dan sebangsanya… belom jago aku lis… padahal pengen banget bisa..

  4. Syauqi teriak2 ajah kaga dikasih apalagi gw yaaaaa😦

    Huehehe, udah bisa buka katering Put. Gw daptar yah Bu

    • putilaksmi

      suatu saat nanti, gw pengen punya usaha catering san.. (mimpi gw ini mahhh)…
      Nah, sekarang gw mulai dari bikin masakan special buat org 2 tertjintwah dulu…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s