UDanG!!! disulap jadi….


Wiken kemaren, giliran Udang jadi bahan dasar utama buat masak masak. Dan memang udah diniyatin untuk bikin tom yam dan ebi maki. Resep tom yam didapat dari blog walking ke beberapa blog (seperti biasa) dan akhirnya memutuskan untuk memakai resep ala keluarganugraha. Sementara ebi maki nya dapet ngutip dari TUM..

Udah dari lamaaa banget pengen bikin Tom yam sendiri, karena suami sukaa sekali dengan yg namanya Udang. Apalagi dimasak berkuah dengan kombinasi rasa asam dan pedas. Masalahnya, Tom yam ini dimasak memakai daun ketumbar yang sepertinya susah di cari di lampung ini. Saya sendiri pun belum pernah masak memakai daun ketumbar ini. Sempet terpikir buat mintak tolong suami beliin daun ketumbar di jakarta pas hari jumat. Jadi, sabtu bisa langsung masak. Aiih, tapi takut layuuu..

Akhirnya googling, cari cari adakah resep tom yam tanpa Daun ketumbar atau pengganti daun ketumbar dalam tom yam. Dan ternyata ndak Ada sodara sodara:mrgreen: !!! Karena rasa khas tom yam memang terletak di daun ketumbarnya itu. Katanya, aroma Daun ketumbar itu sangat khas..

Pencarian daun ketumbar dimulai di Hari selasa, setelah tanya kesana kemari. Tapi hasilnya Nihil juga. Sampai akhirnya di hari Kamis, ketemu juga ituh daun ketumbar!! dapet yang organik di chandra – Lampung. Seiket harganya 10 ribu sajah!!!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ . Seandainya ada di Pasar, pasti aku beli “dua ribu sajah buk..”πŸ˜€πŸ˜€ . Tak apalah, demi keberhasilan acara masak memasak kali ini dan untuk membahagiakan suami..πŸ™‚πŸ™‚

Dan , bagaimana dengan aroma daun ketumbar yang katanya Khas itu???? well, saya dan eyang mamah sama sama meyakini kalo bau daun ketumbar itu sama dengan bau ‘walang sangit‘ (aduuuhh javanese, bantu aku mentranslate nya):mrgreen::mrgreen:

Sabtu, Sepulang dari Pasar – mulailah saya mengolah tom yam. Dan berikut resep contekan dari keluarganugraha, dengan beberapa penyesuaian di sana sini.

Bahan :

250 gr Udang (kupas – sisakan ekor. Kepala& kulit udang dipake untuk kaldu)

250 gr cumi (buang tintanya, potong potong bentuk cincin)

250 gr jamur champignon (potong potong)

Irisan cabe rawit (tergantung tingkat kepedasan)

Daun ketumbar (untuk taburan)

Bahan Kuah :

Kulit dan kepala udang

2 liter air kaldu (kalo di resep aslinya, pake 4 potong tulang paha ayam)

1 iris besar lengkuas – digeprek ( resep asli pake lengkuas bubuk)

8 lembar daun jeruk, sobek sobek

2 buah akar ketumbar, iris iris

3 batang daun serai, bakar – memarkan

10 sdm kecap ikan

2 bh jeruk nipis

2 batang daun ketumbar, iris halus

1 sdt kaldu ayam bubuk

1 sdt merica butiran

garam – gula, sesuai selera

2 sdm air asam

Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

8 butir bawang merah

8 siung bawang putih

12 cabe merah

2 sdt terasi bakar.

*) kecuali terasi, sebelum di haluskan, tumis dulu semua bumbu halus – haluskan – lalu tumis lagi. Menurut eyang mama, cara ini dipakai agar kuahnya berwarna agak kemerahan..

Cara Membuat :

1. Kuah : panas kan minyak, tumis bumbu halus sampai harum – tambahkan kulit dan kepala udang sampai berubah warna, masukkan daun jeruk, lengkuas, serai, akar ketumbar, masak sampai harum. Tambahkan Air, masukkan sisa bahan lain, masak sampai mendidih. Saring kuah, jerang diatas api.

2. Masukkan jamur – udang – cumi, tunggu sampai mendidih.

3. Masukkan cabe rawit

4. Matikan kompor, sajikan dengan daun ketumbar & cabe merah.

et voila… ini dia tom yam hasil karya sayaa…πŸ™‚πŸ˜€πŸ˜€

Seneeeeng Banget karena suami sangat sukaaaa, senang melihatnya makan sampai titik darah penghabisan!!!. Dan yang bikin dese tambah doyan adalah, Tom yam a la istri yang dimakan dengan nasi putih hangat pluss tempe goreng!!!! *yay, terlihat betapa cinta nya beliau dengan tempe goreng, istrinya!!!!*:mrgreen::mrgreen:

Dan untung nya kemaren berhasil nemu daun ketumbar. Karena emang di daun ketumbar letak rahasia tom yam (halaaah bahasanyaa, macam koki handal). Aroma daun ketumbar emang khas banget, pas dimasak – hilang sudah aroma walang sangit itu..heheheheh. Mungkin kalo nggak pake daun ketumbar, rasa tom yam saya ini bisa seperti sayur asem atau pindang patin..:mrgreen:

πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Hari minggu nya, Saya bikin Ebi Maki buat sarapan Syauqi. Rencananya, bekal si Ayah untuk senin pagi pun pake Ebi Maki. Humm, sedikit penjelasan, ebi maki adalah varian sushi yang berupa gulungan yang terdiri dari nori + nasi + tempura udang+ mayoneis +timun (ada juga yg nambahin wasabi), dll deh.

Buat sarapan syauqi, dan menyesuaikan dengan bahan yang ada, Saya bikin Gulungan nori+nasi+udang tempura+ timun dan mayonais. Plus sedikit taburan furikake (abon jepang). Tapi karena saya gak punya makisu (baru tau kalo namanya ini) – alat penggulung sushi yang terbuat dari bambu itu, Jadi gulungannya kurang padet dweeh. Ditambah dengan pisau yang kurang tajam, jadi nya sempurna!!! ebi maki nya berantakan gara gara nori nya udah terlanjur kenyal dan susah buat di iris.😦😦

Tapi soal rasa tetep juwara deeeh, syauqi bisa habis 1 gulung ebi maki!!!!πŸ˜€πŸ˜€ #emak bangga

Akhirnya, dengan pertimbangan ini itu dan untukj mengindari basi, buat bekal senin pagi si Ayah, saya cuman bawain tempura udang, onigiri (nasi kepal), rebusan buncis dan sosis, tak lupa saus sambal botolan dan mayonais. Dan kali ini saya kasi judul #tribute 2 japan..

Berikut, “cuplikannya”πŸ˜€πŸ˜€

Buat yang pengen tau cara bikin tempura udang nyaaa, Guampiil bangeeed. Kupas udang – sisakan ekor, lumuri kocokan telur+garam, gulingkan ke tepung panir. SImpan di kulkas. (saya lumurin udangnya sabtu malem dan baru goreng minggu pagi)..

Abaikan saja sosis bentuk cinta itu…:mrgreen::mrgreen:

Sudah Hari Rabu niiy… siap siap hunting mau masak apa wiken ini..πŸ™‚πŸ™‚

 

 

13 Komentar

Filed under recipe

13 responses to “UDanG!!! disulap jadi….

  1. bekti

    Jeng, daun ketumbar tu sama ga dengan daun seledri ga? Kalo liat fotonya, kayak daun seledri ya? Wah, asiik banget Tom Yam-nya, jadi pengen masak-masak nii. Cuma kalo aku lebih senang pake resep yg beli di gramed, soalnya ga bisa modifikasi sana-sini, di contek plekk… rasanya oyee!

    • putilaksmi

      penampilannya emang hampir sama, tapi daun ketumbar lebih tipis..

      kalo saya dapet resep dari Bw, biar ngiriit , anggaran beli buku bisa buat beli yg lain.. #meditπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  2. Enno-Mama Fira

    aku gak komen……… *syibuk ngelap liur yang menetes netes*

  3. Bu Bunting request 3 porsi yah Say. Berapa ongkos delivery nya ke Miri???

    Puuuuttt, langsung nyontek aaaaahhhh. Kalo dah nemju tu daun ketumbar yang sakti mandraguna, dan ada mood, gw akan mempraktekan resep dari Ibu Koki PutiπŸ™‚

    • putilaksmi

      mangga dicoba san, enuaaaak deh. Gak terlalu susah juga kok. Soalnya kalo beli, mahal pisan… #hematpangkalkaya:mrgreen:

  4. Duuuhhh…makin kreatif aja ibu satu ini.. Wah, keknya lagi seneng sama masakan Jepang ya PutπŸ˜€

    Aku tertarik pengen nyobain tom yam itu, hehehe

    • putilaksmi

      tepat nya lagi seneng bikin bekal ala jepang. Mostly siy masakan indonesah. Cuman kemaren ajah yg pake a la jepun..

      Ayook dicoba tom yam nya, enaak dweh..πŸ˜€πŸ˜€

  5. waaa..Tom Yum…suka bangetttt..
    aku jg suka masak Tom Yum tp kl lg males ngeracik bumbunya tinggal buka stok bumbu jadinya..hehe..tinggal nambah sereh, minyak ikan, air jeruk n bahan2 lainnyaπŸ™‚

  6. Wiih…Bunda satu ini emang top markotop kalau soal memasak. Ngiri berat. Kayaknya kalau baca postingannya gampang banget bikinnya. Kalau saya yang bikin bisa 5 jam di dapur kali heheheπŸ˜€

    • putilaksmi

      ah, bundit bisa aja.. Saya cuman bisa masak yg gampang2 aja kok Bund. Belum secanggih Eyang mama nya syauqi…

  7. Ping-balik: Resep Belum Terposting.. | when live is like come by to have a drink…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s