Udang lagi ( barbeque vs soup nori)


Mendokumentasikan resep yang dibuat hampir 3 minggu yang lalu di blog tercinta ini. Biar besok besok, kaluk lagi binun mau masak apa, gampang nyari ide nya..

Awalnya gara gara dapet kiriman bertubi tubi dari tetangga dan teman yang baik hati. Dimulai dari udang dan berlanjut dengan tuna keesokan harinya..Dimodifikasikan dengan bahan bahan yang ada, maka jadilah sup udang nori dan udang tuna barbeque.. Berikut resepnya..

1. Sup Udang Nori

Menu ini sukses mengganjal perut saya sebagai menu sarapan di jumat pagi. Syauqi gak ketinggalan ikut menikmati. Taburan nori yang dipotong dadu menimbulkan cita rasa yang berbeda dari sekedar sup udang biasa. Dan… Cara bikinnya juga sangaaaaaaaaat gampil – bahkan saya sempat bikin sebelum ngantor hari itu.😉

Cara buatnya :

Siapkan 10 ekor udang – kupas kulit – sisihkan ekor  kemudian cincang halus.  Campurkan udang cincang dengan 1 sdm tepung sagu , putih telur (dari satu butir telur) , bwg putih cincang, sejumput garam menjadi satu adonan.

Kemudian bentuk bulatan dengan bantuan sendok, jangan lupa tusuk dg ekor udang (biar lebih cantik😉 ), masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih, tgu sampai bola udang mengapung – sisihkan.
Untuk kuah nya : tumis 2 siung bwg putih dan 2 bh bwg merah yang dicincang sampei haruum, masukkan kulit + kepala udang, tumis lagi sampai kulit udang berubah warna. Masukkan ke dalam air sisa rebusan bola daging tadi. Tambahkan garam gula + 1 sdt saus tiram. Masak sampai mendidih. Saring Kuah kaldu, kemudian masukkan bola udang + seledri cincang + nori yg dipotong kotak. Matikan Api, sajikan

2. Sate Udang Tuna Saus Barbeque.

Kalo resep ini, mulai dibuat jumat malam. Udang dan bola 2 tuna, plus sosis dan paprika direndam ke dalam bumbu BBQ semaleman. Sabtu pagi, disajikan untuk sarapan pak suami yang baru aja dateng dari jakarta..

Inti dari resep ini, sebenernya ada di saus BBQ nya. Asal saus nya mantep – varian sate nya bisa apa ajah kok. Mulai dari bakso, sosis, udang, bahkan ayam ataupun daging sapi juga Ok.

Berikut Resep saus barbeque nya :

Tumis 3 bh bawang merah cincang, 2 siung bwg pth+ 1 sdt merica butiran (yang sudah haluskan), 1 bh tomat yang dicincang kasar. Tumis  sampai harum Yaaaa??? . Tambahkan 2 gelas air, 4 sdm saus botolan (saya pake saus belibis), 4 sdm kecap inggris, 2 sdm saus tiram, sejumput oregano.. Masak sampe agak mengental..Matikan Api.
Rendam bahan 2 sate ke dalam saos (taruh di kulkas)  semaleman ( sebenernya 30menit aja bisa, cuman biar bumbu lebih meresap  lah). Trus bakar sate sambil sesekali diolesi saus. Bolak balik, bakar sampai matang. Sajikan!!!!.. Paling enak pake nasi panas..:mrgreen:

11 Komentar

Filed under recipe

11 responses to “Udang lagi ( barbeque vs soup nori)

  1. Say, gw neh gapteks abies kalo mengenai masakan Jepang. Nori tuh yang kaya gimana yah? Terus itu tuh apaan?? (daging/apaan??). Belinya dimana? Bentuknya gimana?

    Ekye males googling neh, makanya nanya ajah langsung ama dikau🙂

    thanks penjelasannya yah Put🙂

    • putilaksmi

      nori itu dibuat dari rumput laut yang dikeringin, bentuknya kayak lembaran lembaran gitu say, warna nya hijau tuaa. Rasa nya kayak T4ro rasa rumput laut..
      gw beli di swalayan andalan di lampung sini. Nori ini biasanya dipake buat sushi rol gitu deh. Nah, berubung gw suka ama rasanya, gw campur dweh, ama kuah soup udang. Enak jugaa. Soalnya gw mayan bosen juga dengan sup berbumbu bawang merica gitu..😉😉

  2. Enno-Mama Fira

    selaluuuu aja buat aku ngecesss….

  3. bekti

    Udang emang paling praktis masaknya. Cocok banget buat hidangan dikala waktu sangat mefet😀. Btw, tertarik dengan soup nori… He… pengen coba.

    Sama dengan dengan Jeng Soes, aku penasaran banget dengan Nori. Posting mengenai uba rampe bahan makanan Jepang, dong Jeng, kayaknya asiiik tuh 😀

    • putilaksmi

      Coba aja jeng, gampang kok…

      Kalo tentang uba rampe bahan dasar masakan jepang, kayaknya aku kalaaah jauuuh dibanding ibu ibu yang jago itu dweh,.. Tapi kapan kapan aku share deh, dibalik dapur keluarga ku. Maksudnya bumbu apa yang selalu tersedia di dapur…

      tunggu ajah yaaa…😉

  4. Nyammm…nyaammmm….makin pinter masak aja nih, Put. Kapan2 kalo aku Lampung, masakin aku juga ya jeng..hihi

  5. Ck..ck..paling salut sama bunda satu ini yang hobiii banget masak yang ribet2. Bacanya sampai terbengong2 nih hehehe😀

  6. Ping-balik: Resep Belum Terposting.. | when live is like come by to have a drink…

  7. Ping-balik: Masak masak lagi.. | when live is like come by to have a drink…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s