Dua minggu yang lalu..


Haiyaaah, bahkan cerita wiken 2 minggu lalu puuuun, baru di posting sekarang..:mrgreen::mrgreen: ..

Wiken kami dimulai dengan acara free trial di Tumbl3 T*t di Sabtu pagi. Ya, menjelang usianya yang ke 3 September nanti, saya dan suami mulai disibukkan dengan kegiatan hunting ‘sekolah‘  untuk syauqi.. . Sekolah ini bisa berarti TPA (taman pendidikan AL Qur’an), sekolah musik (agak tertarik dengan pengenalan musik untuk anak usia dini di sekolah musik yam4ha), atau rumah kreasi ( sekolah ini mengajarkan asyiknya bermain Lego  ). Buat kami ‘sekolah’ buat syauqi saat ini adalah tempat bagi dia untuk bersosialisasi dan mengembangkan minat yang ada.

Ada beberapa syarat yang kami ajukan untuk sekolah atau kelompok bermain yang akan diikuti syauqi nantinya. Pertama adalah pemahaman akan agama sesuai dengan usia si anak, tentunya menjadi prioritas kami. Waktu atau jam belajar yang tidak lebih dari 3 kali seminggu, untuk menghindari kebosanan. Serta lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah, menjadi nilai plus.

Selain itu, kami ingin di sekolah nya nanti- tidak ada gap dalam pertemanan antar siswa maupun wali murid. Tentang bahasa pengantar yang diberikan, enggres atau endonesah, tidak menjadi prioritas utama saya. Maksudnya, kalaupun nantinya sekolah syauqi menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar, it’s OK. Tapi kalau nantinya bahasan pengantarnya adalah bahasa endonesia, yaa ndak masyalah.. Toh syauqi sudah terbiasa mendengarkan dua bahasa yang berbeda di rumah (bhs indonesah dan bhs jowo ;p ).. dan dia bisa memahami keduanya tanpa ada bingung bingung yang berarti..

Oia, meskipun lokasinya sangat jauuh dari rumah, tapi GRATIS adalah alasan utama yang membuat Kami tertarik untuk mengikutsertakan syauqi di kelas TT.:mrgreen:

Selama ikut trial, syauqi nampak excited dengan suasana yang ada. Dan meskipun awalnya masih malu malu, tapi menjelang kelas berakhir, dia nampak gembira dan sempat berkata, “besok Oi sekolah lagi yaa bunda???” . Mungkin karena ruangan yang luas, sejuuk, dan kegiatan belajar yang dilaksanakan di lantai (sambil lesehan), membuat Oi feels like home.

Kelas dimulai pukul 09.00 dan diisi dengan nyanyi – belajar berhitung – dan bermain. Setiap murid harus didampingi dengan 1 orang dewasa. Merasa agak kurang berkenan ketika menyadari kalo di hari sabtu yang cerah itu, 8 dari 10 orang murid di kelas ditemani oleh baby sitter, sementara beberapa orangtua terlihat hanya memandangi aktivitas anaknya dari luar kelas.😦 . Tanpa bermaksud memandang rendah si mbak mbak BS ini, cuman saya ngerasa kurang sreg aja.. dalam hati saya berpikir, “oalaaaah buu, mbok yaa sini – masuk, nemenin anaknya belajar, mumpung hari sabtu“..

Beberapa anak tampak sangat mandiri dan percaya diri. Rata rata berusia di kisaran 2 tahun. Mereka nampak bisa mengikuti jalannya kelas. Nurut sewaktu di suruh duduk dan bertepuk tangan sambil bernyanyi, berebut kancing yang dihamburkan oleh aunty (sebutan untuk guru) untuk kemudian dihitung dan dimasukkan ke dalam gelas, bahkan saat diminta untuk berbaris dan mengantri untuk bermain pun mereka nurut.

Sementara Syauqi??  Masih sangat hebooh dengan ruangan yang besar dan dingin,  hamparan karpet yang empuk serta permainan permainan yang ada disitu. Namun sesekali dia diam dan mau duduk mengikuti apa yang diajarkan aunty. Saat di putarkan lagu FISH, syauqi nampak senaaaang bangeet. ” Ini kan lagu nya baney ya bunda?” gituu katanya. apa lagi waktu saya ikut bertepuk tangan dan menyanyi, “one, two, three, four, five,once i caught a fish alive six, seven, eight, nine, ten then I put him back again. Why did you let him go? because he bit my finger so”..

Kelas berakhir pukul 09.45 .. Syauqi gak berhenti cerita ke Ayahnya, betapa senangnya tadi di dalam kelas.. Cerita berlanjut sampai di rumah, Syauqi juga pamer ke the eyangs, “Oi tadi sekolah, senang sekali, temannya banyaaak“..

Ok.. kita cari kelas free trial yang lain ya Nak? .. untuk lebih membiasakan syauqi sekolah..

Hari minggu nya kita pergi ke Lembah hijau. Sepertinya menyenangkan mengisi waktu di tempat yang teduh dan banyak pepohonan yang rindang plus beberapa  binatang seperti kuda – kambing – unta – rusa – beraneka macam burung.  Ceritanya pengen lebih sering mengisi akhir pekan dengan jalan jalan yang penuh edukasi. Ndak perlu jauh dan mahal, di sekitar lampung aja, pasti akan banyak pelajaran yang bisa didapat. .

Bosen juga kalo tiap minggu jalan nya ke Mall teruuuss, lama lama anak akan jadi konsumtif karena selalu diajak belanja belanji kebutuhan yang kadang tidak terlalu penting #laparmata.  :)  Humm, kadang kepikiran buat ngajak Oi piknik, bawa bekal nasi dan cemilan di rumah, ajak beberapa sahabat . Aih, seru pastinya!!! Toh ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di seputaran lampung ini..

Eniwei, berikut beberapa foto wiken duamingguyanglalu…

 

9 Komentar

Filed under about lampung, kalo kita lagi ngumpul, syauqi ku

9 responses to “Dua minggu yang lalu..

  1. Allisa Yustica Krones

    Wah…Oi udah mo sekolah…horeeee!!!! Mudah-mudahan dapat tempat sekolah yang paling cocok yaaaa….🙂

    Put, aku kok lebih suka sekolah yang taman bermainnya outdoor yah? Berasanya lebih bebas gitu untuk anak-anak😀

    • putilaksmi

      sama liss, aku juga suka yang permainannya outdoor. sukur2 ada mini outbond , kolam renang, dll..
      tapi susah nyari yang kumplit begitu plus pengenalan agama yang bagus plus deket rumah… hadeeeh…

  2. Enno-Mama Fira

    Semoga seneng sekolahnya ya, Oi….. Aku juga udah lirak lirik sekolahan anak niey, walopun Fira masih entah setaon ato dua taon lagi baru bisa bergabung.
    Kalo disini gak banyak pilihannya. Kalo gak salah, cuman ada 3 tempat pre school ajaahh….

    • putilaksmi

      anak masih kicik kicik gini mah, yang penting kasiih sayaaaaaaang dari kitaaaaa… hehhehehe, sekolah yang bener bener bagus sepertinya baru bener2 diperlukan pas SD aja deh atau SMP malah???😀😀

  3. Asyiiik, Oi udah mau sekolah. Toss deh sama dengan Dita. Semoga dapet sekolah yang pas buat Oi ya bun🙂

    • putilaksmi

      ngiriiii nihhh saya, baca postingan bundit tentang sekolahnya dita..
      bisa dapet yang bagus gitu, ples deket rumah, sepertinya merupakan idaman yah bund…🙂

  4. Ping-balik: Ayooo, sekolah… | when live is like come by to have a drink…

  5. Wah Oi udah mau sekolah ya ?
    Mbak, itu foto Oi dan ayah pas lagi di lembah hijau ya. Aku tadi kok gak nemu ya postingan Mbak yang ngebahas di lembah hijau. Seru ya,Mbak ?Hihihi…
    Aku lagi cari-cari tempat wisata di Bandarlampung nih buat mudik nanti, Mbak. So far udah ada beberapa referensi : wisata pantai, wisata Taman Bumi kedaton sama Lembah Hijau di blog Mbak ini…
    Kira-kira menurut Mbak Puti mendingan mana ? Ato sama aja ?
    Makasih ya infonya…

    • putilaksmi

      waduh, makasih mbak indah, mau mampirr lagi di blog iniiii… Dulu pernah mampir di postingan jogja kalo ndak salah yaaaa…
      Kalau tempat wisata di lampung sih, kalaah jauh dengan jakarta mbak. Tapi cukup lumayan untuk dikunjungi lah.
      Bumi kedaton = saya belom pernah kesana, nyasar nyasar teruus.. hehehhehe, tapi setau saya disini banyak binatang (terutama gajah) khas lampung banget kan?
      wisata pantai = pantai mutun, klara (klapa rapet), atau ke kalianda resort.
      Kalianda resort (krakatoa nirwana resort) paling bagus mbak..
      Lembah hijau – tabek indah, itu setipe mbak (ada kebun binatang mini, kolam renang+ mini outbond) tapi bonusnya, di jalan arah ke lembah hijau, banyaak banged penjual duren, apalagi kalo pas lagi musim kayak sekarang.
      #maaf kalo ndak banyak membantu.. hehehhehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s