Bonus Libur Panjaaaaaaaang ; “Oi mik susu pake gelas aja Bunda.”


Oi pertama kali kenal dot sebagai media untuk minum susu / ASi saat usia nya baru beberapa hari. Awalnya, saya kekeuh TIDAK AKaN mengenalkan dot pada Oi sebagai media untuk mik susu saat saya tidak berada di dekatnya. Alasannya ada dua, takut si anak bingung puting dan beberapa saudara serta teman sering cerita kalo menyapih dengan Dot itu lebih susah dibandingkan dengan menyapih Asi.
Tapi, mengingat kondisi saat itu; ibu baru – penyesuaian dengan jam tidur bayi – luka SC yang belum pulih – plus banyaknya hal baru yang mesti saya pelajari sendiri (saya melahirkan di bekasi dan mama pulang lagi ke kendal saat usia Oi baru beberapa hari, karena nenek dari pihak bapak meninggal), akhirnya saya memilih mengenalkan Dot. Apalagi waktu itu, eyang mama cerita kalo dulu si Mas bas (kakak saya itu) gampaaang banget disapihnya (baik nen maupun dot). Mulai dari nen ke dot ke gelas cup lalu gelas pake sedotan dan lanjut ke gelas aja, smua dilalui tanpa protes dan perlawanan yang berarti..

Jadi, Menginjak usia 9 bulan, saya mulai mengenalkan gelas cup ke Oi. Pokoknya sesuai dengan tahapan yang ada di salahsatu product feeding set for baby.
Hasilnya?? Sukses dilepeh lepeh.. Dan, mengingat pentingnya susu untuk tumbuh kembangnya, saya pun mengalah untuk membiarkannya ‘mik susu’ pake dot lagi..

Umur 1,5 tahun, seiring dengan mulai banyaknya gigi bagian depan, saya nyoba lagi untuk mengenalkan ‘dot dengan bentuk nipple baru’ ke syauqi. Kali ini, meski tidak ingin memaksa, saya cukup banyak berharap mengingat usia Oi yang semakin besar dan Apalagi, saat itu, Oi sudah terbiasa minum susu UHt pake sedotan..

Ternyata usaha saya belum membuahkan hasil.. Syauqi hanya meminum sedikit susu dalam gelas cup itu.. Ya sudah, saya pun tak ingin memaksanya, lagi lagi mengingat Oi masih perlu banyak minum susu..

Tepat di usia 30 bulan, saat Oi berhasil di sapih tanpa rewel, saya kembali teringat akan tugas menyapih dot yang pastinya, lebih susah..๐Ÿ˜€ . Tapi saat itu, saya nggak berencana nyapih dot dalam waktu dekat, menurut saya mimik Dot adalah obat pelipur lara karena nenen nya ‘ilang’:mrgreen::mrgreen:

Senin, 30 Mei 2011. Sore hari, lepas maghrib. Ternyata kesempatan untuk menyapih dot datang tak terduga…
Jadi ceritanya, selama masa liburan ini, kami cuma bawa 3 dot dari rumah, sesuai dengan jadwal rata rata syauqi minum susu botol tiap hari nya (diluar Uht). Petang itu, si Ayah belum dateng dan sabun khusus pencuci botol syauqi habis – bocor dan tumpah selama di perjalanan- padahal 3 botol dalam kondisi kotor, ditambah saya yg malees pool karena berpikir Nggak masalah sebab hari itu syauqi sudah minum susu cukup banyak (baik dari botol maupun Uht) #emak pemalas, jangan ditiru.
Tapi mungkin karena cuaca panas, jam 19.00 Oi minta mik susu. Dan saya bilang , “botolnya kotor nak, sabunnya ndak ada, nunggu ayah.” Tapi tiba tiba tercetus ide, “mmmm, kalo mik susu pake gelas, Oi mau?”.. Ehhhh, ternyata si tole mauu dan langsung menghabiskan 180ml susu gelas nya ..
Dan Akhirnya saya memutuskan untuk men – training Oi mik susu pake gelas, mulai saat itu juga.๐Ÿ˜€
Esok pagi nya, saat terbangun pagi hari, kembali saya tawarkan padanya, “Oi mau mik susu pake gelas, biar kaya anak besar?”.. Dan dia menjawab, “kalo pake botol?” Lalu saya bujuk, “pake gelas aja gmana?, biar kayak anak besar, botol nya kita kasih ke dedek kenza (ponakan) aja?” Lalu Oi menjawab, “Iya deh..” Pagi itu, saya kembali buat 180ml susu, dan Oi cuman minum sedikit. Sisanya saya bantu pake sendok, tapi ternyata masih nyisa juga di gelas.. Uhh, mulai pesimis nih..

Jam 10, saya tawarkan lagi, “mik susu pake gelas ya?” Kali itu saya hanya membuat 120 ml saja. Saya pikir, biarlah dia hanya minum sedikit – tapi sering.. Dan, kali ini 120 ml susu, habis seketika.๐Ÿ™‚ . Hari itu, syauqi menghabiskan kurang lebih 4 x 120 ml susu, lumayan laah..

Oia, selama 3 hari pertama training mik susu pake gelas ini, saya nggak ngasih susu UHt dulu.. Alasannya, karena takut Oi lebih tertarik nyedot Uht ketimbang mik susu gelas.. Dan, karena target akhirnya adalah mik susu pake gelas, saya juga ndak pake alat bantu lain macam sedotan. Mmmm, palingan saya masih pake sendok laaah๐Ÿ˜‰.

Saya juga selalu ngasih pujian kalo dia menghabiskan susu dalam gelas nya. Kata kata seperti, “hebat yaa, Oi mik susu nya pake gelas, pantesan kemaren berani naek boom boom car sendiri, hebaaaat” atau jg sekedar berkata, “Pakdhe Bas itu kayak Oi yaa? Kalau minum kopi pake gelas. Oi juga kalo mik susu pake gelas.” Iklan iklan di tivi, sampai adegan upinipin mik susu pake gelas juga turut membantu kesuksesan training ini.

Lama kelamaan, syauqi mau juga menghabiskan 240 ml susu di gelasnya. Waaaah, bunda bangga sekali loooh sama Oi. Dan Alhamdulilah, sekarang Oi udah nggak pernah minta ngedot lagi. Bahkan botol susu nya sudah saya tinggal di Kendal… “Sudah dikasi ke dedek kenza”..

Satu lagi PR bunda buat Oi yang sudah kita selesaikan sama sama ya Nak?.. Masih banyak PR lain tentunya.. Yang terdekat, cari sekolah bermain untuk Oi. Yak, smoga Allah kasih kemudahan lagi ya Nak?

2 Komentar

Filed under syauqi ku

2 responses to “Bonus Libur Panjaaaaaaaang ; “Oi mik susu pake gelas aja Bunda.”

  1. Selamat ya Oi, sudah berhasil minum susu pake gelas… Good job, Oi!

    Kalo Raja sudah berhenti mik susu dari botol sejak usia 9 bulan, put, dan sampe sekarang Raja lebih nyaman minum pake gelas dibanding sedotan. Makanya, minum susu Ultra yang 250ml itu saja gak mau dari kotaknya, maunya dituang ke dalam gelas๐Ÿ˜€

    Amiiinnn…semoga nanti bisa dapat sekolah bermain yang terbaik untuk Oi ya Put๐Ÿ™‚

    • putilaksmi

      raja hebat ya, udah dari umur 9 bulan..

      Alhamdulilah, kemaren uji coba lepas dot nya berhasil, dan memang ndak susah lis..

      amin untuk sekolah bermainnya…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s