Belanja Bulanan ke Pasar Tradisional..


Seingat saya rasanya, sudah sejak jama kuliah (mulai nge – kos ) deh, saya memenuhi kebutuhan bulanan macam sabun – shampo – odol – sabun cuci dll, endiri. Maksudnya, yaaa meskipun uang nya dapet dari orang tua, tapi saya belanjain sendiri. Waktu itu, karena kebawa sama mas Bas yang udah duluan jadi anak kos dan juga mengikuti kebiasaan teman se kost, saya rutin belanja bulanan di swalayan di jogja kampus).

Kebiasaan yang saya bawa dari jogja itu, berlanjut saat saya (sempet) kerja di jakarta, sampai awal awal kost di lampung. Alasan utama belanja kebutuhan bulanan di Toko Swalayan / Mall / supermarket sih, lebih pada kenyamanan dan keamanan yaaa. Nyaman karena ruangan ber AC, gak becek dan haruum lagi. Aman karena bisa melenggang ‘agak’ bebas tanpa takut copet. Faktor perbandingan harga menjadi urutan ke sekian deh. Bukan karena sok kaya, tapi lebih pada alasan, kalau belanja di supermarket, kita bisa membandingkan harga antara satu produk dengan yang lain, tanpa harus bertanya sama pramuniaga toko. Dann, kita berhak untuk memutuskan barang mana yang mau kita beli – tanpa merasa ‘ndak enak’ dengan tatapan si penjual yang menatap kita seolah berkata udah-bolak-balik-nanya harga – ternyata – cuman beli satu- yang paling murah – nawar lagi !!!!!:mrgreen:

Sampai sekarang, setelah menikah dan punya anak, Mall tetap menjadi tempat favorit belanja bulanan. Kali ini alasannya bertambah, skalian maen ke children play ground – nya.😀😀 . Meskipun begitu, untuk belanja logistik sayur – ikan – daging – telur dan beberapa jenis buah, kita lebih memilih belanja di Pasar tradisional setiap minggu nya, karena harganya jauuuh lebih bersahabat dibanding di Mall.

Suatu ketika, saat kita sedan belanja mingguan di pasar, Eyang mama cerita kalo Persediaan beras menipis. Biasanya, kita memang beli beras 10 kilo dan akan habis dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu. Karena sedang ada di Pasar tradisonal, Eyang mama nyaranin, “gimana kalo beli beras nya di Pasar aja?? Sekali sekali, buat perbandingan harga“. Dan kami pun setuju. Dann.. agak kaget juga saat mengetahui kalo harga 10 kg beras (dengan merk yang sama dengan yang kami beli di SPM) ‘hanya’ sebesar 90 rb saja. Padahal, biasanya kami beli di Mall seharga 110 ribu.. nyeehehehehhe, mayaan kannn??? 20 ribu sendiri selisihnya…

Makanya, berdasarkan pengalaman beli beras di pasar itulah, si Eyang mama nantangin saya untuk belanja kebutuhan bulanan di Pasar.Akhirnya saya pun menuruti saran beliau sambil berharap bisa berhemat.

Dan, berangkatlah kami, nenek – anak – dan cucu ini pas hari libur di tengah minggu, 29 Juni 2011. Daftar belanjaan sudah disusun, Beras –  Minyak goreng –  gula pasir – Sabun mandi – Shampoo – Odol – Mentega – sabun cuci piring – detergent pencuci pakaian – pewangi pakaian – pelicin pakaian (itu looh, yg disemprot kalo setrika:mrgreen: ) – pencuci lantai dan tak lupa susu d4nc0w buat Oi.

Rencananya, selesai belanja ke pasar, kita emang niyat banget langsung ke Mall untuk beli koran (halaaaaah beli koran aja sampe ke Mall ;) ) plus jalan jalan cencunya.. Dan, karena ada beberapa item di list belanjaan kami yang gak dijual di pasar (shampoo uk besar dan susu Dancow) – maka selain beli susu dan shampoo, saya pun memanfaatkan kesempatan itu untuk membandingkan harga. #SUngguh, aku tak mau rugi.

Dan, berikut hasilnya..😉

  1. Beras 10 Kilo, Pasar = 93.000 SPM = 96.000🙂
  2. Minyak goreng, Pasar = 25.000 SPM = 25.000, ctt : tapi ada minyak goreng merk lain yang lagi diskon jadi 20.000, dan biasanya kalo belanja di SPM, saya bisa dipastikan cari yg murah dan diskon doong dooong dooong..😦😦
  3. Gula Pasir 1 kg, Pasar = 12.000 SPM = 10.500, ctt : yaaaaak – sekali lagi ada gula pasir produk keluaran SPM ygg diskon😦😦
  4. Sabun mandi , Pasar = 1.200 / bh SPM= 1.175, ctt : beti beti lah..
  5. Shampoo, Pasar = gak ada yang uk besar, tapi yg kecil 9.000 SPM = uk besar dan diskon jadi 14.000 (harga normal 18.000)😦
  6. Odol , Pasar = 9.000 SPM = 9.125 , ctt = sekali lagi, beti yang tak terasa…😦😦
  7. Mentega , Pasar = 8.500  SPM = 5.450, ctt = perbandingan yang kurang ideal ini mah, di Pasar, kita di kasih mentega yang kemasan mangkuk itu looh (250 gr) padahal akyu maunya yg sachet 200 gr aja… miscomunikasi, saiyah ndak minta ditunjukin juga siiih barangnyaa…😦😦
  8. Sabun cuci piring, Pasar 9.000 SPM = 9.125
  9. Detergent, Pasar 14.500 SPM = 12.500 , lagi diskonn diaaaaa..😦
  10. Pewangi Pakaian, Pasar = 9.500 SPM = 9.625
  11. Pelicin Pakaian Pasar = 5.500 SPM = 5.425
  12. Pencuci Lantai, Pasar = 7.500 SPM = 7.625

Untuk Susu, sengaja ndak dibandingkan karena di pasar nggak ada..

Nah, sila dibandingkan harganya.. Semua pasti bisa membandingkan mana yang lebih murah.. yaa kann?? ya kann?? Gak heran kenapa orang orang lebih suka belanja ke SPM daripada pasar tradisional. Dan, nampaknya sudah bisa ditarik kesimpulan juga, bulan depan dan seterusnya, kita bakal belanja bulanan dimana.. hehehehhe

Etapi ndak bisa dibilang belanja di SPM lebih hemat daripada di Pasar ding, sowalnya biaya diatas belum termasuk roti buat Oi, cemilan buat bunda, belum lagi kalo bundanya melipiir ke lantai atas liat liyat baju, maenan anak..:mrgreen:..:mrgreen:

#harap maklum, labil..

1 Komentar

Filed under me, myself and I

One response to “Belanja Bulanan ke Pasar Tradisional..

  1. saya juga kalo belanja bulanan di SPM langganan, kalo sayur dan lauk baru kepasar tradisional mba..hehhee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s