Bekal Sekolah lagi…


Yak, tanpa bermaksud ngiming imingi *apa ya bahasa endonesa – nya* bagi yang sedang menjalankan puasa ramadhan, mengawali postingan bulan Agustus ini, saiya mau posting tentang bekal sekolah Oi..

Well, ini sebenernya udah dibuat sebelum ramadhan, karena di bulan ramadhan ini, demi melatih siswa berpuasa, pihak sekolah melarang siswa/i nya membawa bekal.. Siapa tau ada yg membutuhkan, mari kita posting resep yang gampil gampil ini..

 1. Jagung serut susu – keju – meises.

Gampil banget dibuat. Tinggal kukus jagung – serut, beri margarine / blue band, susukental manis, keju parut, meises..

Komentar Oi, “Makan gini aja udah enak, begiji (bergizi) lagi!!!:mrgreen::mrgreen:

2. Pudak Jagung istimewa

istimewa karena saya ,mengganti beberapa bahan di resep asli dengan bahan yang disukai anak anak. Resep asli sebenernya cuman campuran jagung – santan kelapa – kelapa parut dan maisena yang dikukus pake kulit jagung. Agar lebih sehat dan disukai Oi, saya mengganti santan dengan susu UHT, kelapa parut dengan nata de coco cincang dan keju parut.

Bahan :

500gr Jagung manis, 2 sdm maisena, 4 sdm susu Uht vanila, keju parut (sesukanya), nata de coco yg dicincang.

Cara bikin :

Serut sebagian jagung, dan parut sebagian lainnya, campurkan semua adonan hingga tercampur rata.
Siapkan kulit jagung, masukkan adonan  ke dalam kulit jagung. Kukus selama 15 – 20 menit.

Rasa jagung yang memang manis membuat kita ndak perlu lagi menambahkan gula. Sehat dan pastinya disukai anak anak..

3. Dadar gulung Fla..

Bahan (dadar) :

2 sdm terigu, 1 btr telur, 125 ml UHT , pasta coklat, 2 sdm mentega leleh, vanili.

Cara buat :

kocok telur, masukkan semua bahan, aduk sampai rata dan nggak menggumpal.
Kalau menggumpal, saring aja pake saringan teh / saringan santan . Dadar tipis2.
Jadi 5 – 6 dadaran.
Bahan (Fla) :

2 sachet susu kental manis, air ( dikira kira aja), 1 sdm mentega, 1sdt maisena yg udah dilarutin di 2 sdm air.
Cara buat fla : campur semua bahan jadi 1, masak dlm api kecil sampai adonan memadat.

Penyajian. Tata dadaran, beri fla ditengah, lipat bentuk amplop..

 

4. Shrimp Balls with the hidden vegetable
Alias bola bola udang dengan sayuran yang diumpetin.. hehehehhe. Sayurannya bisa apa aja, cuman karena hari itu cuman ada tomat dan labu siam kecil, jadi saya pake sayuran itu..

SHRIMP BALL
Bahan : 100 gr udang (haluskan), 100 gr labu siam (parut). 1btr telur (kocok), bread crumbs alias tepung roti, blueband, minyak goreng.
Bumbu : bwg putih, bwg bombay => cincang halus, garam, gula, merica bubuk (jika suka)

Cara bikin :

tumis bumbu, campurkan ke dalam campuran udang halus + labu parut, aduk rata. Masukkan telur kocok sedikit sedikit, masukkan jg tepung roti, aduk sampai adonan bisa dibentuk bulatan.
Kukus adonan udang yg sudah dibulatkan selama 15 menit, angkat sisihkan.
Gulingkan bola udang kukus ke dalam sisa kocokan telur, gulingkan lagi ke dalam tepung roti. Goreng sampai kecoklatan, angkat sisihkan.

TOMATO SAUCE
Parut 1 btr tomat.
Cincang bwg pth+bombay.
Tumis bwg pth+ bombay sampai harus, beri parutan tomat, gula, garam,air. Kentalkan dg larutan maizena.

Sajikan shrimp roll dg saus tomatnya. Anak2 pasti suka dan nggak ‘ngeh’ kalo mereka juga makan sayurnya..😉
Yak.. sekian dulu resep bekal sekolah kali ini… monggo monggo dicoba…

 

10 Komentar

Filed under recipe

10 responses to “Bekal Sekolah lagi…

  1. Waaa…matur nuwun sanget bun….postingan resep nya selalu menginspirasi🙂

  2. Mba Puti….inspirasi masak lagi nih…hihihi, makasih ya…semua rasanya pengen dicoba…
    btw, kemana aja mba?sibuk ya…semoga ibadah puasa ramadhannya lancar ya Mba…salam sayang buat Oi…

    • putilaksmi

      yaah, begitulah mbaa.. akhir2 ini lagi sok sibuk, biar bisa mudik tanpa menumpuk kerjaan…

      sun sayang buat hanuun yaa

  3. Keren…keren…kerennn!!! Thanks buat ide resepnya ya Put😉

  4. enno-mama fira

    Aku kayaknya bakalan paling berhasil bikin jagung serut susu-keju-meises deeeehh… Yang lainnya, gak tauuukk… hihihihihihihihi

  5. waaa resep2nya gak cuman oi yang doyan tuhh..yang udah besar kek aq juga pasti doyyyaaaaannnnn nyummm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s