Ulang Tahun ke 3


15 September 2008 – 15 September 2011

Yeay, hari itu *seminggu yang lalu tepatnya๐Ÿ˜‰ *, Syauqi tepat 3 tahun.. Dan Ulang tahunnya kali ini adalah kali pertaman Syauqi berulang tahun tanpa Ayah disisinya. 15 September tahun ini jatuh di hari kamis dan bisa dipastikan, hari itu si Ayah masih harus berada di djekerdah.๐Ÿ˜ฆ

Maka saya pun berniat membuat acara ulang tahun yang berkesan untuk nya. Kali ini saya ingin merayakan ulang tahun ke tiga Syauqi di sekolah. Bukan pesta mewah tentunya, tapi sekedar doa bersama agar si tole kebanggaan saya ini bertumbuh menjadi anak yang sholeh – sehat – pintar – ceria dan bahagia. Hmmm, sebenernya ada 2 alasan kuat, kenapa saya ingin ulang tahun syauqi kali ini dirayakan di sekolah. Yang pertama karena si Ayah absen, yang kedua karena saya ingin ulang tahunnya kali ini menjadi motivasi buat Oi agar lebih baik lagi. Baik?? yaa, tepatnya nurut siih. Misalnya, sekarang saya akan lebih sering mengingatkannya dengan cara, ” Ayoo dong, kalo habis main di bereskan mainannya, kan kemaren sudah ulang tahun dan berdoa sama bu guru?? teman teman juga maunya Oi jadi anak baik looh, sholeh lagi” . Mantra sudah ulang tahun dan berdoa di sekolah memang mujarab sih, karena bisa dipastikan syauqi langsung melakukan apa yang saya minta, tanpa perlawanan.๐Ÿ™‚

selai strawberry, nasi uduk hijau uji coba dan prakarya bunda di kantor

Dan Niat merayakan ultah itu saya ikutin dengan semangat untuk mempersiapkan dan membuat sendiri segala perlengkapan untuk acara ulang tahun tersebut. Awalnya sederhana, saya hanya berpikir untuk memberi birthday gift yang spesial, sesuatu yang memang belum pernah dimiliki dan amat sangat diidamkannya. Setelah berunding sama Ayah, pilihan hadiah jatuh ke Sepeda roda 4.

Setelah memikirkan kado, saya jadi mikir apa yang perlu dibawa ke sekolah?? Dan akhirnya, setelah koordinasi sama eyang mama, tercetus untuk membuat sendiri nasi tumpeng dan snack untuk goodie bag – nya. Agar unik, dan karena syauqi lagi susah makan sayur, maka kami membuat nasi uduk hijau untuk tumpeng – nya. Hijau – nya dari sawi.. Kenapa sawi?? terinspirasi dari mie sehat hijau yang lagi booming. Pas browsing resep, baru tau kalo pewarna hijau nya dari sawi. Jadilah kami memakai sawi buat campuran nasi uduk nya.. *resep menyusul yaa*.๐Ÿ˜‰ . Uji coba membuat nasi uduk hijau dilakukan Minggu, 11 september 2011. ย Alhamdulilah, rasa nasi uduk nggak berubah. Hampir nggak ngerasain sawi – nya, dan menghasilkan warna hijau yang lumayan cantik..

Oia, untuk goodie bag nya ย diisi dengan susu UHt dan kue kue yang udah pernah saya bikin sebelumnya, diantara nya puding oreo fla yang saya tambahin denganย homemade strawberry jamย dan risoles mayones.. Selai strawbeey nya saya buat sendiri 3 hari sebelum hari H.ย  Kemudian eyang mama ngusulin buat bikin lapis kacang ijo. Lapis kacang ijo ini sebenernya menu andalan jaman mama bikin catering buat nambah biaya kuliah saya dulu. Resep aslinya justru didapat pas mama aktif sebagai pengurus tim penggerak PKK di Sanggau. Dan, sedikit cerita mengenai lapis kacang ijo ini, sebenernya ada di program PMTAS (Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah). Bahan utamanya yang berupa kacang hijau kupas ditambah 10 butir telur dan 1/2 kaleng susu kental manis meyakinkan saya kalo kue ini sangat bergizi dan cocok banget buat ngisi goodie bag.. *resepnya nyusul juga yaaaaa*๐Ÿ˜‰

Awalnya, saya ndak berniat buat beli, apalagi bikin sendiri birthday cake – nya. Saya pikir, cukuplah tumpeng nasi uduk hijau yang nantinya pengen saya bentuk mobil, yang akan memeriahkan acara ultah Syauqi di sekolah. Tapi, 2 hari sebelum hari H, saya pikir, akan lebih menyenangkan bagi anak anak kalau ada kueh ultahnya. Akhirnya diilhami oleh kebahagiaan anak anak dan disadari akan kedodolan saya dalam masalah baking serta semangat untuk membuat sendiri smuaaa perlengkapan ultah Syauqi, maka saya memutuskan untuk beli tepung kue pondan dan membuat sendiri cake – nya,..:mrgreen:

Rabu, 14 September 2011. H – 1 . Sebelum ngantor, masih sempat bantuin mama potong potong kentang buat sambel goreng. Seharian itu, Eyang mama sibuk nyicil bikin serundeng daging , sambal goreng ati kentang, dan kering tempe..ย  Di kantor, saya mulai sibuk mikirin konsep ulang tahun syauqi. Iya deh, ngaku, kalo semakin mendekati hari H, konsep acara malah jadi melebar kemana mana. Sampai sampai hampir tertarik sama ide dessert table di berbagai blog yang memang cantik cantik itu.. Namun akhirnya saya kembali menjejak ke bumi, menyadari kemampuan diriย pleus duit dan keterbatasan waktu, akhirnya saya kembali bertanya pada hati, “apa yang sebenernya aku inginkan dari acara ini?” dan akhirnya saya menemukan jawaban, “aku cuman pengen anakku senang” ..

inih,sepeda yg ndak muat di bagasi..

Finally saya memutuskan, meskipun tanpa dessert table, pernak pernik ulangtahun syauqi yang nggak banyak itu harus bertema. Kenapa harus?? karena tema yang dipakai nanti pastinya akan menambah kegembiraan syauqi. Maka siang itu dengan mencuri curi waktu di kantorย , saya mulai hunting gambar gambar tokoh Disney Cars yang jadi favorit syauqi. Mulai dari lightning Mc queen, tow mater, hudson hornet, dll . hunting – print – gunting, smua saya lakukan tanpa tau mau diapain gambar2 ini..:mrgreen:

Jam 14.00, saya cabut dari kantor. Mlipir ke Toko bahan kue buat beli figurine cars – buat hiasan cake, beli sepeda buat kado, dll. Pokoknya saya habiskan sore itu buat beli bahan dan alat yang kurang. Nggak lupa saya beli n3scafe kaleng mocca, andalan saat lembur tiba..:mrgreen::mrgreen:

Oia, tentang sepeda, semula, saya pengen membelikannya warna merah, agar senada dengan Lightning Mc queen idolanya. Tapi saya tergiur dengan sepeda wimcycle warna kuning dengan gambar mobil hotwheels.. Dan setelah sepakat dengan ayah, sepeda dibeli dan saya minta untuk diangkat dan ditaruh ke bagasi – biar surprise.. Sayangnya, bagasi mobil kami terlalu sesak dengan sound system dll. Akhirnya, sepedanya ditaruh di tengah dan gagal sudah rencana saya buat menjadikannya surprise..๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

Jam 18.00 lepas maghrib, Saya sampai di rumah dan Lembur nya resmi dimulai…

belanjaan bunda di mobil, snack buatan bunda, kentang buat sambel goreng, goodie bag tetangga dan si Tole yang bobo pules malemnya..

Seolah ngerti kalo kesibukan kami ini semata buat kebahagiaan dia besok, Syauqi pun sibuk maen sama Eyang Bapak – nya. Dia hanya agak rewel saat mau bobok, ” mau dialus alus kan bunda“…๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Mama memulai lagi ‘lemburnya’ malam itu dengan membuat lapis kacang ijo, sementara saya membuat puding oreo. Puding selesai dan saya beralih ke cake brownies kukus pondan saya. Jam 21.00 , saya memutuskan buat mandi – dan memang masih ada bahan yang kurang dan lupa dibeli. Maka lepas mandi, saya ngesot ke warung deket rumah, beli minyak goreng dan maisena..

22.00 , saya mulai sibuk bikin dadaran buat risoles mayoneis sementara Eyang mama mulai berkutat dengan aronan nasi dan sawi + santan – nya.. Sambil sedikit panik mama bilang, ” kok nyala Api gas – nya mulai memerah yaa? jangan jangan udah mau habis?” dan saya jawab, “insyaAllah ndak papa mah, kan kemaren sebelum mudik kita baru aja beli gas – nya, mosok udah mau habis??” Dan kami pun melanjutkan ‘lembur’ kami malam itu, sambil sama sama berdoa semoga Gas – nya cukup sampe selesai masak, Allahumma amiiiin….

Saya baru saya menyelesaikan setengah adonan dadar risoles ketika Eyang mama mulai heboh, ” Gas habis, dek?” .. Saat itu mama baru saja mulai untuk mengaron nasi uduk hijau – nya..๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ . Lirik jam, Fyuuh jam 12.20 .. Bisa ditebak, mama pun langsung panic at the discoย …:mrgreen: .

Meski berusaha tetap T E N A N G *seperti yang selalu di dengungkan olah Pak suami* tapi sejenak saya merenung, tengah malam begini, cari Gas dimana aku ya Allah.. Langsung berandai andai kalau saja si Ayah ada di sini, pasti ndak se mellow ini๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ.. Sambil kebingungan, saya mulai memotong lapis kacang ijo, membungkusnya dengan plastik yang sudah diberi gambar mc – queen, selesai dengan lapis – saya tempel cup puding oreo dengan gambar tow mater, saya selipin juga dengan sendok .. Saya minta mama untuk tidur aja, kita lanjutkan besok pagi aja. Saya hanya mencoba rasional karena ndak tau harus bagaimana, maka lebih baik kita tidur. Biarlah saya yang pikirkan gimana esok hari – *Fyi, saya udah janji sama guru di sekolah Oi untuk memaulai acara jam 10 dan sudah ‘pinjem’ mbak ART tetangga untuk bagiin goodie bag untuk temen Oi di komplek pada pagi hari – nya, biar bisa untuk sarapan teman teman Oi *๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ .

Dan Eyang mama pun melipir ke kamar mandi di lanjut Sholat isya dan bersiap tidur. Saya masih bergumam sendiri, “ya Allah, aku cuman pengen bikin anakku bahagia..” Usai sholat, mama melihat potongan lapis dan berujar, ” wadduhhh, besok pasti putuku ย seneng bangeet nek ngerti iki“.. dan saya cuman bisa menunduk dalam, menahan airmata supaya ndak jatuh.. sumpaahhh – seddiiiiih bangeet saya nyaaaaaaaaaaaaaa…. Lalu mama berkata, ” kalau ditemeni Bapak, berani nggak nyari Gas?” . Dan setelah bapak terbangun, saya pun bergegas mengganti baju dan menyambar kunci mobil. Bahkan tabung gas kosong yang nyaris 12 kilo itu tidak terasa berat saat saya angkat ke bagasi..

Saya kendarai mobil sejauh hampir 8 kilometer, menuju minimarket yang saya tau – buka 24 jam. Jalanan masih terhitung rame, meskipun agak ngeri saat melewati terminal rajabasa..๐Ÿ˜‰ . Alhamdulilah, masih diberi kemudahan. Tabung Gas tersedia – dan si mas mas tukang jaga dengan baik hati mau membantu mengangkat ke bagasi..

Singkat cerita, Tabung Gas berhasil dibawa pulang. Dan kami melanjutkan lembur malam itu…

03.00 dinihari, setelah menyelesaikan risol mayoneis, saya ijin sama mama untuk tidur. Sungguh, saat itu sudah tidak mengantuk lagi, tapi badan rasanya lemes luar biasa. Menyadari ini dan karena saya teteup harus ngantor *biarpun cuma 1/2 hari*, maka saya memutuskan untuk tidur 2 jam. “Bangunkan aku jam 5 , Mah?” . Sementara saya tidur, mama masih lanjutt lembur, demi cucu – nya.. “love u so mah”๐Ÿ˜ฆ

Jam 5.00 saya bangun, solat subuh, dan melanjutkan pekerjaan yang tertunda.. Nasi uduk hijau – siap, risol sudah digoreng, perkedel kentang siap, telur dadar siap dan tinggal di iris. Maka pagi itu, tugas saya adalah menyiapkan goodie Bag untuk tetangga sebelum ART tetangga dateng.

Dimulai dengan mencetak nasi dengan cetakan bentuk hello kitty *ndak kepikiran beli cetakan bentuk mobil* ke dalam wadah mika, menambahkan lauk, membungkus risol dengan plastik, dan memasukkan semuanya ke goodie bag. Tepat jam 06.45, tugas saya selesai dan goodie bag pun dibagikan ke tetangga.

Bergegas saya mandi, berganti baju dan nganterin Oi ke Sekolah. Pulang dari anter Oi ke sekolah – saya siapkan goodie bag untuk temen sekelas Oi yang cuman 5 orang itu. Dilanjut dengan melelehkan coklat dan menghias cake brownies saya. Selesai dengan itu, giliran membuat tumpeng bentuk mobil..

Well done, saya tata semua nya di ruang tamu *nggak lupa difoto* , dan mulai diangkat ke mobil..

goodie bag teman sekelas, lapis kacang ijo mc queen, cake abal abal buatan bunda pleus tumpeng mobil..

Jam 10.00, sampai sekolah Oi. Koordinasi dengan ibu guru untuk mempersiapkan kelas, sementara anak anak bermain di ruang bermain. 3 kali estafet, membawa cake – tumpeng – goodie bag – dan aqua gelas dari parkiran ke kelas.. Capek memang, tapi bayangan akan senyuman Syauqi dan harapan kalau bolak balik gini bisa langsing, menghapus lelah saya seketika..:mrgreen:

ini yang dibawa ke sekolah...

Di kelas, anak anak takjuuub luar biasa liyat cake abal abal buatan saya yang nampak keewreen dimata mereka.. Beberapa mencoba mencolek coklat nya.. Si bocah pun tak kalah bahagianya.. berkali kali dia bilang, “ini oti ulang taun Oi, bunda Oi yang buat iniiihh” …. *whoaaaa.. senangnya sayaaa….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Acara dimulai dengan doa bersama, diisi dengan menyanyikan lagu hepi besdey. Bahkan satu persatu teman Oi berebut menyanyi setelah saya bilang, “ hayoo, siapa mau nyanyi?? nanti dapet hadiah kue dari bunda Oi looh??” Dan smua makan kue sama sama, sambil saling bercerita, bahkan sambil manjat manjat kursi dan mainin hiasan dinding..Oi ndak kalah sibuk membantu bunda nya bagikan air minum buat teman temannya.. Seruu juga sesekali mengadakan acara seperti ini. Setidaknya, saya jadi tambah kenal dengan teman teman sekelas Oi dan juga dengan guru – nya. Maklumm, saya kan jarang muncul di sekolah, kecuali pas nganter doang.

Jam 10.30 , waktunya anak anak pulang sekolah. Saya pun mengakhiri acara kecil ini. Sambil salim, Oi membagikan goodie bag buat teman sekelas nya. Tumpeng, sisa roti dan snack nampan sengaja ditinggal di kelas, buat para guru.. yaah, smoga rasanya tidak mengecewakan yaa..๐Ÿ˜‰

maen sepeda sama ayah, syenaaaangnyaaaaaa

Sampai rumah, kehebohan masih terjadi saat Oi membuka beberapa kado dari teman dan guru. Dan paling heboh adalah, saat dia tau ada sepeda untuknya.. Nggak lupa dia bertanya, “ini sepedanya punya Oi yah, bunda?“, Maklum, saat saya ndak sempat mengeluarkan sepeda dari mobil ย pagi nya, Oi bingung dan bertanya, “kok di mobil Oi ada sepeda? punya siapa?” dan demi menjaga surprise ini, saya terpaksa berbohong dan mengatakan kalo speda ini punya teman bunda.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Pun saat saya berpamitan untuk ngantor lagi, syauqi hanya menjawab, ati ati bundaย namun tetap tidak beranjak dari kamar. Masih saja dia memegang sepedanya, memutar pedal nya, hahahhah – nampaknya masih belum berani dia untuk naik sepeda.. ย :D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Saat saya sudah bersiap di belakang kemudi, saya dengar teriakannya memanggil nama saya sambil berlari. Saya pun menunda men – starter mobil saya. Saya buka kaca dan bertanya, “kenapa?? bunda kantor dulu ya?”

Dan Oi menjawab, “iyah, Oi mau dadah aja, terimakasih bunda, sepedanya baguuuuuus sekali, Oi suka

Owalah nak, tahukan kamu, betapa ucapanmu itu sungguh menghilangkan segala capek dan penat..

 

Selamat ulang tahun Anakku

Sungguh, cepat waktu berlalu – seolah baru kemaren bunda melihat Oi pertama kali..

Tumbuhlah sehat, jadi laki laki tangguh – cerdas dan sholeh..

Jalani hidup dengan penuh rasa syukur agar kau senantiasa bahagia..

Ayah – bunda sayang padamu..

 

11 Komentar

Filed under syauqi ku

11 responses to “Ulang Tahun ke 3

  1. Huhu..aku terharuuu..terharu ama usaha Bunda..dan terharu ama ucapan oi..hhhfffftttt speechlesssss

    Pi Bezdey gantenggg…semoga apa yg Bunda n ayah harapkan bs tercapai ya Nak..Amienn

  2. so sweeeeeeet, pasti oi seneng banget punya bunda yang kreatip banget,
    sumpah deh rasanya pasti beda antara makanan yg dbuat sendiri sama bundanya, karna dbuatnya pke cinta ya mbak,
    hepi besdey ya oi semoga selalu diberkahi Allah SWT, begitu jg dengan keluarga mbak puti,
    amiiiiiiiinnnn

    • putilaksmi

      Iyah dit, emang beda masakan beli sama bikin.. Kalo bikin, lebih puaas deh.. Banyaak pulaak pastinya,… huehehhehehe

      Makasih doanya yaaah tante adit.. amin aminn…

  3. Terharuuuu…banget baca tentang perjuangan mu dan eyangnya Oi, put… Keren dan salut banget diriku. Pasti banget si Oi bahagia dan bangga๐Ÿ™‚

    Selamat ulang tahun ya Oi. Tuhan memberkatimu selalu yaaa….

    • putilaksmi

      kurasa setiap orang tua pasti pengen selalu membahagiakan anaknya.. cuman cara nya lain lain yaah lis..

      Dan menjadi sosok yang dibanggakan anak, pastilah jadi angan angan kita sebagai orang tua.. Bener nggak lis?๐Ÿ˜‰

      Makasih ucapannya tante allisa, aminn untuk doanya..

  4. Happy Birthday yang ke-3 ya kaka Oi…semoga selalu sehat, tambah pinter dan jadi anak ayah bunda yang soleh…amin…

    Salut sama Mba Puti ini, bener-bener the chef of the Family deh #ngiriiiiii;)

    • putilaksmi

      Makasih untuk ucapan dan amin untuk doanya yah tante..

      the chef of the family?? ahh, amiinnnn,,,.. pengenn banget bisa seperti itu, tapi saya masiy perlu banyak belajar nih mba ai..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  5. Dear.

    1. Met Milad bang syauqi….. semoga panjang umur dan akan menjadi kebanggaan kedua ortunyaaa……

    2. wwwaaahhh saluteee deh mampu mempersiapka sendri semuanya…… heeebaddds

    Regards.
    … Ayah Zahia …

  6. Mama hamid

    terharu banget baca perjuangan seorg Bunda. Two thumbs up. plusss malu sama diri sendiri krn belum pernah ngasih kenang2an terindah buat anakku, Salam kenal ya๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s